Dark/Light Mode

Akui SDM Terbatas

Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu

Kamis, 3 Agustus 2023 06:45 WIB
Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady. (Foto: Bawaslu RI)
Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady. (Foto: Bawaslu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengaku kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena itu, mahasiswa diajak berkolaborasi untuk mengawasi Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady mengatakan, peran aktif mahasiswa dalam melakukan pengawasan pemilu sangat dibutuhkan.

“Harapannya, ada kepedulian (dari mahasiswa) dalam rangka partisipasi penga­wasan Pemilu 2024,” ujarnya, kemarin.

Tenaga Ahli Bawaslu Lamlam Masropah mengatakan, pengawasan partisipatif merupakan upaya penyelenggara pemilu untuk dapat membawa masyarakat menjadi mitra.

Baca juga : Bawaslu Pantau Netralitas Kades Di Pemilu 2024

“Kami ingin libatkan sebanyak-ban­yaknya masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, tujuan dari partisipasi masyarakat adalah untuk meminimalisir serta mencegah pelanggaran pemilu. Melalui gerakan pengawasan partisipatif, masyarakat dijadikan partner atau mitra Bawaslu untuk melakukan pengawasan.

Deputi Teknis Bawaslu La Bayoni mengungkapkan, Bawaslu memiliki keterbatasan SDM. Untuk itu, Baswaslu mengajak mahasiswa ikut melakukan pengawasan partisipatif.

“Kita ajak masyarakat, termasuk adik-adik mahasiswa yang ada saat ini turut terlibat dalam pengawasan partisipatif,” ajaknya.

Baca juga : Pena Mas Ganjar Bersama Mahasiswa Afirmasi Adakan Fun Futsal Di Semarang

Ketua Bawaslu Kota Singkawang Zulita mengatakan, mahasiswa bisa memanfaatkan semangat dan kemam­puannya menggunakan teknologi untuk membantu mengawasi pemilu.

“Insya Allah dengan gadget-nya yang luar biasa bisa mengawal proses-proses ini,” ungkapnya.

Kata Zulita, jika ke depannya menemu­kan kejanggalan bisa melaporkan kepada pihak Bawaslu walaupun tidak ada saksi. Laporan tersebut akan menjadi titik awal informasi untuk dilakukan penelusuran atau investigasi.

“Terkait keamanan pelapor, sangat terjamin. Karena kepolisian akan mem­bantu secara penuh dalam pengamanan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu 2024,” katanya.

Baca juga : BPIP Dukung KPK Berantas Serangan Fajar Di Pemilu

Peneliti Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) Delia Wildianti menjelaskan, pihaknya memiliki seman­gat untuk mendorong anak muda dapat ikut serta dalam pesta demokrasi guna mensukseskan Pemilu 2024.

“Kami harapkan mahasiswa bisa lebih dekat dengan lembaga penyelenggara pemilu. Termasuk Bawaslu dan dapat mengenal lebih dekat fungsi dan tugas Bawaslu,” tuturnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 3/8/2023 dengan judul Akui SDM Terbatas, Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.