Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Relawan GP Center Nilai Ganjar-Ridwan Kamil Pasangan Klop Di Pilpres 2024

Rabu, 9 Agustus 2023 16:14 WIB
Ketua Harian DPP GP Center Thomas Djunianto (Foto: ist)
Ketua Harian DPP GP Center Thomas Djunianto (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Harian DPP Ganjar Pranowo (GP) Center Thomas Djunianto menyatakan, pihaknya melirik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon pendamping Ganjar dalam Pilpres 2024.

"Ridwan Kamil kami anggap cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo. Salah satu alasannya adalah elektabilitas Ridwan Kamil yang signifikan di Jawa Barat," ujar Thomas, Rabu (9/8).

Dia menjelaskan, baik Ganjar maupun Ridwan Kamil memiliki rekam jejak yang baik dan prestasi mentereng selama menjalankan tugas masing-masing sebagai gubernur.

Pretasi Ganjar selama memimpin Jawa Tengah di antaranya membangun 28 Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di Indonesia," imbuhnya. 

Kehadiran MPP membuat pelayanan kepada masyarakat menjadi mudah, murah, dan cepat.

Ganjar juga terus meningkatkan kualitas pemerintahan di tingkat provinsi serta kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Salah satunya melalui program e-governance untuk mencegah tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca juga : Santri Ganjar Gelar Doa Bersama Hingga Lomba Di Ponpes Darussalam

Jateng tercatat sebagai provinsi dengan capaian persentase penyelesaian rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terbaik di seluruh Indonesia pada 2023, dengan meraih capaian 92,09 persen penyelesaian rekomendasi BPK.

Selama ini, kata Thomas, Ganjar Pranowo terus mengingatkan jajarannya untuk tetap terbuka dan melaksanakan pemerintahan tanpa korupsi (mboten korupsi) dan tidak berkhianat (mboten ngapusi).

Sementara prestasi Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat antara lain pada 2019 menerima penghargaan bergengsi.

Yakni, Inspirational Leader se-Asia Pasifik dalam acara Govinsider Innovation Awards 2019 yang diselenggarakan di Markas PBB.

"Salah satu program Kang Emil yang diapresiasi melalui penghargaan tersebut adalah Program Desa Digital," ungkapnya.

Di bidang olahraga, Kang Emil mengukir prestasi membawa Jawa Barat sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Nasional ke XX yang diselenggarakan di Papua pada akhir 2021 lalu.

Sejak kepemimpinannya, Jabar telah meraih 345 penghargaan dari tingkat nasional maupun Internasional.

Beberapa penghargaan yang ia sebut diantaranya meraih Juara Umum Tingkat Nasional pada Kontestasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Award 2022.

Baca juga : Ganjar Optimis Santriwati Bisa Songsong Indonesia Emas 2045

Dan pada 2021, Pemprov Jabar berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian sebanyak 11 kali berturut-turut dari BPK.

"Selain itu Kang Emil juga termasuk pejabat publik yang rajin “ngonten” sehingga cukup populer dikalangan gen-z yang aktif berselancar di media sosial," ungkapnya.

Karena itu, menurut Thomas, keduanya memiliki karakter kepemimpinan yang klop, yaitu populis, partisipatif, dan merakyat.

"Hal ini sangat baik, mengingat semangat pemilu 2024 yang akan datang adalah pesta demokrasi yang dirayakan dengan gembira demi persatuan bangsa," tutur Thomas.

Dia yakin, duet Ganjar dan Ridwan Kamil dapat meningkatkan perolehan suara Ganjar di Jabar yang saat ini dianggap relatif lemah.

Seperti diketahui, setiap penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, 3 provinsi yang memiliki potensi suara terbesar adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Pada pemilu 2024 yang akan datang, jumlah suara di provinsi Jawa Tengah sebanyak 228.289.413 pemilih, provinsi Jawa Timur 31.402.838 pemilih, dan provinsi Jawa Barat 35.714.901 pemilih.

Berdasarkan data tersebut dan analisa Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, kata Thomas, jika Ganjar Pranowo berpasangan dengan Ridwan Kamil maka akan bisa menguasai suara di Pulau Jawa.

Baca juga : Bertemu Ganjar, Ganjaran Buruh Berjuang Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Senada dengan Adi Prayitno, analis politik dari Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengakui, kedua tokoh itu berpotensi memenangkan gelaran pesta demokrasi nanti bila dijodohkan.

Menurut dia, Ganjar adalah capres yang memiliki elektabilitas tinggi dan Ridwan Kamil adalah cawapres yang paling banyak diminati masyarakat.

Ia menilai, keduanya merupakan dari klaster kepala daerah yang memiliki lumbung elektoral cukup tinggi.

Selain itu, kata Pangi, Ganjar dan Ridwan Kamil termasuk gubernur yang sangat aktif berselancar dengan media sosial.

Lalu, basis pemilih mereka cukup besar dari ceruk pemilih milenial dan anak muda.

"Saya pun beranggapan demikian, jika Pak Ganjar Pranowo berpasangan dengan Ridwan Kamil maka dapat dipastikan kemenangan pada Pilpres 2024 semakin nyata," beber Thomas.

Oleh karena itu, Thomas mengajak masyarakat untuk berjuang bersama-sama menuju gerakan persatuan.

"Rayakan kemenangan pada tahun 2024 nanti bersama Ganjar dan Ridwan Kamil," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.