Dark/Light Mode

Dirjenpas dan 2 Petugas Wali Pemasyarakatan Raih Penghargaan BNPT Awards 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 12:40 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga menerima penghargaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Awards 2023 sebagai Mitra Pelaksana Deradikalisasi dalam Lapas.

Penghargaan diberikan dalam Acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 BNPT bertema ‘BNPT Hadir Untuk Negeri, Indonesia Damai Menuju Indonesia Emas’, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (28/7).

Penghargaan diserahkan Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel dan disaksikan langsung Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Reynhard bersanding dengan beberapa pejabat negara lainnya. Di antaranya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang menerima penghargaan kategori Pelaksana Sinergisitas dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang menerima penghargaan dalam bidang Penegakkan Hukum.

Kemudian, Kepala Departemen Khusus 88 Anti Teror Polri Irjen Marthinus Hukom sebagai Pelaksana Deradikalisasi Luar Lapas, dan Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo sebagai Pelaksana Pemulihan Korban.

Selain itu, sejumlah pejabat lain juga memperoleh penghargaan yang serupa, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga : Terapkan Produksi Berkelanjutan, Indofood Sabet Penghargaan BPOM

Juga, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, CEO Bukalapak Willix Halim dan Direktur Utama BRI Sunarso.

“Thank you for all out support to fight against terrorism," ucap Komjen Rycko kepada para pejuang penerima BNPT Awards 2023

Ia melaporkan, kasus serangan teror di Indonesia terus menurun dari tahun 2018 hingga tahun 2023.

"Penurunan itu sangat tajam hingga mencapai indeks 89,4 persen. Hingga menempatkan Indonesia pada posisi yang semakin baik dalam kategori medium impacted,” lanjutnya.

Menurutnya hal itu dikarenakan semakin gencar dan masifnya penegakkan hukum yang dilakukan Polri yang didukung TNI, serta seluruh lembaga terkait, termasuk Pemasyarakatan beserta masyarakat.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berpesan kepada BNPT untuk memperkuat kolaborasi melalui pendekatan multipihak.

Baca juga : Ini 13 Perusahaan Pemenang Penghargaan ESG Award 2023 Dari KEHATI

"Tangkal terorisme secara berjemaah, atau dilakukan secara bersama-sama," ujar Ma'ruf.

Dia meminta, BNPT meneruskan langkah-langkah kontraradikalisasi untuk menangkal berkembangnya paham radikal.

Juga, terus melakukan deradikalisasi untuk mengembalikan mereka yang sudah terpapar radikalisme dengan bekerja sama bersama kementerian dan lembaga lainnya.

Terakhir, Wakil Presiden mengajak BNPT dan semua pihak untuk melakukan monitor dan mengawasi media sosial, terutama menjelang Pemilu 2024.

Sebab, dia menilai gerakan radikal terorisme berpotensi tumbuh subur menjelang pemilu.

"Pahami segala bentuk risiko, agar tidak dimanfaatkan oleh kaum intoleran untuk mempengaruhi dan memecah belah umat. Cegah penyalahgunaan media sosial agar tidak menjadi tempat yang subur bagi narasi-narasi intoleran dan ujaran kebencian," imbaunya.

Baca juga : Bank Mandiri Borong 2 Penghargaan ABF Retail Banking Awards 2023

Dalam kesempatan tersebut, BNPT juga menganugerahkan penghargaan kepada dua orang Wali Pemasyarakatan Berprestasi dari narapidana teroris yang dinilai telah bekerja dengan sangat baik dalam membina dan mewujudkan iklim deradikalisasi di dalam Lapas tempatnya bekerja.

Mereka dianggap memberikan kontribusi yang besar dalam proses deradikalisasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan Tindak Pidana Terorisme.

Keduanya adalah Bambang Sugianto, Wali Pemasyarakatan dari Lapas Kelas I Surabaya dan Gagah Prio Utomo, Wali Pemasyarakatan dari Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.