Dark/Light Mode

Pangeran Siahaan: Ganjar Soroti Timpangnya Dunia Kerja, Tak Rendahkan Profesi

Jumat, 22 September 2023 15:25 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua gerakan Langkah Anak Muda Republik Indonesia (LARI), Pangeran Siahaan tidak sepakat dengan tudingan bakal capres Ganjar Pranowo merendahkan profesi MC dan jurnalis saat dialog dalam acara Mata Najwa di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dia mengajak semua pihak untuk secara utuh mendengarkan gagasan yang disampaikan Ganjar terkait dengan lapangan pekerjaan.

“Di acara Mata Najwa, Pak Ganjar dituduh merendahkan profesi MC dan jurnalis. Tidak benar itu. Inilah pentingnya untuk melihat sebuah diskusi dalam konteks yang lengkap,” ujar Pangeran dalam keterangan resmi, Jumat (22/9/2023).

Baca juga : Effendi Gazali: Ganjar Tak Pernah Rendahkan Profesi MC Dan Jurnalis

Pangeran memaparkan, diskusi antara Ganjar dan Najwa saat itu adalah tentang ketidakcocokan atau mismatch antara dunia pendidikan dan juga sektor dunia kerja di Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, Pangeran menyampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim telah membeberkan bahwa 80 persen lulusan perguruan tinggi itu bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Bahkan lebih khusus secara jurnalistik, Pangeran menyebut bahwa riset Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, hingga Remotivi mengungkapkan bahwa 65 persen mahasiswa dan 63 persen mahasiswi yang belajar jurnalistik tidak menaruh bidang jurnalisme sebagai pilihan utama di tempat mereka mau berkarir.

Baca juga : Punya Gagasan Konkret, Pangeran Siahaan Nilai Ganjar Capres Paling Relevan

Dari fakta itu, Pangeran menilai ada ketidakcocokan apa yang dipelajari dengan apa yang dilakukan ketika bekerja.

“Bahkan kalau kita lihat beberapa jurnalis top Indonesia itu banyak yang belajarnya, kuliahnya bukan jurnalistik atau komunikasi,” ungkapnya. 

Berdasarkan penelusuran, beberapa jurnalis top yang bukan lulusan jurnalistik adalah Najwa Shihab dari jurusan hukum, Rosiana Silalahi dari jurusan sastra, Goenawan Mohamad dari jurusan psikologi, hingga Bondan Winarno dari jurusan arsitektur.

Baca juga : Relawan Ganjar Dorong Perempuan Milenial Produktif

“Jadi apa yang dikatakan oleh Pak Ganjar itu bukan merendahkan profesi jurnalis, tapi sedang membicarakan ketimpangan hasil lulusan dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja,” tutur Pangeran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.