Dark/Light Mode

Gelar Workshop Pembuatan Sabun Cuci

Relawan Ganjar Dorong Perempuan Milenial Produktif

Rabu, 20 September 2023 13:01 WIB
sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar workshop membuat sabun cuci piring dari minyak jelantah atau minyak bekas bersama perempuan milenial di Warung Jawi, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta DIY. 
sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar workshop membuat sabun cuci piring dari minyak jelantah atau minyak bekas bersama perempuan milenial di Warung Jawi, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta DIY. 

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini banyak masyarakat mencari peluang usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarganya. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Berkaca dari hal itu, sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar workshop membuat sabun cuci piring dari minyak jelantah atau minyak bekas bersama perempuan milenial di Warung Jawi, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 
 
Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar DIY Herawati mengatakan acara tersebut dinilai sangat bermanfaat kepada para milenial. Sebab, pelatihan sabun cuci piring ini dilakukan dari minyak jelantah.

"Kami melakukan kegiatan ini dengan edukasi mengenai cara pembuatan sabun cuci piring kepada perempuan milenial (peserta, red)," ungkap Herawati dalam siaran persnya, Rabu (20/9).

Dia menjelaskan minyak jelantah atau minyak bekas menggoreng biasanya dibuang begitu saja ke selokan atau sungai di sekitar rumah.  Tentu hal itu bisa menyebabkan limbah dan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan. 

Baca juga : Kukuhkan Struktur Pemenangan, Relawan Ganjar Bidik Suara Buruh Nelayan Di Subang

Oleh karena itu, loyalis Ganjar Pranowo itu memiliki terobosan baru dengan membuatnya menjadi produk yang berguna untuk masyarakat sekitar.

"Sebaiknya tidak membuang sembarang minyak jelantah karena itu akan mengakibatkan pencemaran lingkungan. Saatnya kami mengolahnya limbah minyak goreng ini menjadi sesuatu yang berfaedah," tutur Herawati. 

Menurut dia, kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme dari masyarakat sekitar. Hal tersebut dilihat dari masyarakat khususnya perempuan milenial mengikuti workshop tersebut.

Para milenial terlihat tampak semangat mengikuti pelatihan tersebut.

Baca juga : Relawan Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Seni Ukir Kayu Di Kalbar

Herawati menyebutkan dalam pelatihan ini semua peserta diajarkan cara pembuatannya. 

Dia menjelaskan pembuatan sabun cuci piring menggunakan bahan 1 kg minyak jelantah yang sudah direndam arang sebanyak 600 gr selama 24 jam.

Kemudian diberikan 360 gram air, 128 gram soda api, pewangi atau fragrance oil atau bisa juga pakai bahan alami. Semisal daun pandan. 

"Tujuannya agar sabun cuci piring itu memiliki aromanya," kata dia.

Baca juga : Ikut Senam Srikandi Ganjar, Perempuan Milenial Lampung Nikmati Gaya Hidup Sehat

Selain diberikan edukasi dari pematerinya, peserta juga di berikan kesempatan dalam membuat sabun cuci piring untuk dipraktekan. 

Menurut dia, kegiatan membuat sabun ini bisa dijadikan ide usaha bagi para milenial. 

Dalam kegiatan tersebut Herawati juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 kepada para milenial yang mengikuti workshop itu. 

"Teentunya kami juga memperkenalkan sosok Pak Ganjar Pranowo yang akan maju dalam pilpres 2024 nantinya," tandas Herawati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.