Dark/Light Mode

Survei Poltracking Indonesia

Di Bursa Cawapres, Elektabilitas Erick Menguat Sejak Awal 2023

Sabtu, 7 Oktober 2023 16:20 WIB
Erick Thohir, mentereng di bursa Cawapres 2024. (Foto: dok. PSSI)
Erick Thohir, mentereng di bursa Cawapres 2024. (Foto: dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Erick Thohir sebagai Cawapres 2024, terus bersinar. Di berbagai survei nasional, Menteri BUMN yang juga Ketua PSSI itu selalu menempati peringkat teratas Cawapres.

Survei Poltracking Indonesia yang dirilis hari ini pun, menempatkan Erick Thohir di peringkat teratas Cawapres 2024, baik dalam simulasi 11 atau 10 nama.

Dalam simulasi 11 nama yang mengikutsertakan Gibran Rakabuming Raka, dengan asumsi Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan soal usia Capres-Cawapres, Erick mentereng dengan angka 18,6 persen. Membawahi Sandiaga Uno 15,7 persen dan AHY 10,2 persen.

Baca juga : Survei Terbaru Poltracking: Erick Thohir Kandidat Cawapres Teratas

Tingginya elektabilitas, juga ditunjukkan Erick dalam simulasi 10 nama tanpa Gibran.

Dengan angka 19 persen, Erick mengungguli Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil, yang masing-masing mengantongi angka 15,7 persen dan 12,4 persen.

“Tren elektabilitas Erick Thohir cenderung naik, sejak masuknya tahun politik pada awal 2023,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam paparan hasil survei "Kekuatan Politik Elektoral Menuju Pendaftaran Capres-Cawapres 2024" di Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Baca juga : Erick Lebih Menjanjikan

Pola yang sama, lanjutnya, juga dialami Sandiaga Salahuddin Uno dan Muhaimin Iskandar. Sementara AHY relatif stabil, Ridwan Kamil cenderung turun.

Mahfud MD condong naik, Andika Perkasa dan Airlangga Hartarto relatif stabil. Sedangkan Khofifah Indar Parawansa dan Puan Maharani memperlihatkan tren menurun.

“Posisi Cawapres ini penting, karena ada dua poros Ganjar Prabowo dan Prabowo Subianto, yang belum menentukan Cawapres,” ujar Hanta.

Baca juga : Bursa Cawapres Prabowo, Suara Erick Lebih Merata

Survei Poltracking dilakukan dalam periode 3-9 September 2023 dengan melibatkan 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas, dan metode wawancara langsung.

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Margin of error berada di angka +/- 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.