Dark/Light Mode

Bursa Cawapres Untuk Prabowo

Erick Lebih Menjanjikan

Jumat, 6 Oktober 2023 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa calon pendamping Prabowo Subianto di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, semakin mengerucut. Nama-nama seperti Ketua Umum Partai Golkar AirlanggaHartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga GubernurJawa Timur Khofifah Indar Parawansa punya peluang besar menjadi Cawapres Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC) Rio Prayogo menilai, Erick paling menjanjikan sebagai Cawapres Prabowo. "Berdasarkan survei teranyar lembaga kami, Prabowo lebih menjanjikan bersama Erick Thohir," kata Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Data survei teranyar PRC, Prabowo-Erick meraih elektabilitas 38,8 persen dalam simulasi tiga pasangan. Ganjar-Sandiaga di posisi kedua dengan 31,9 persen disusul Anies-Muhaimin 16,5 persen. Dalam sim­ulasi berikutnya, Prabowo-Erick meraih 38,2 persen. Sementara lawannya, Ganjar-Ridwan Kamil 33,1 persen, dan Anies-Muhaimin 18 persen.

Baca juga : Bursa Cawapres Prabowo, Suara Erick Lebih Merata

Sedangkan pada simulasi tu­juh nama elektabilitas Cawapres, Erick Thohir meraih elektabili­tas tertinggi dengan 16,8 persen. Lalu Ridwan Kamil sebesar 16,4 persen, Muhaimin Iskandar 15,4 persen. Berikutnya se­cara berturut-turut, Sandiaga Uno (12,6 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (10 persen), dan Airlangga Hartarto (1,2 persen).

Secara umum, lanjut Rio, Khofifah hanya berbasis di Jatim. Sementara Erick selain kuat juga di Jatim, sebagai salah satu representasi Nahdlatul Ulama (NU), suaranya juga lebihmerata di seluruh Indonesia. "Untuk Airlangga, jelas jauh tidak bisa dibandingkan," tam­bah Rio.

Selain itu, Erick juga bisa merambah basis suara yang belum dimiliki Prabowo. Yakni kantong generasi milenial, khu­susnya masyarakat sepakbola. Mengingat Erick dinilai mem­bawa perubahan positif selama menjabat Ketua Umum PSSI.

Baca juga : Prabowo Masih Kokoh Teratas

"Juga menguatkan Prabowo dari narasi dan isu perbaikan ekonomi menimbang pengalaman panjangnya di bidang ekonomi dan saat ini menjadi Menteri BUMN," tuturnya.

Sebelumnya, politisi Senior Partai Golkar, Ridwan Hisjam juga menyarankan, Cawapres Prabowo lebih baik sosok di luar partai. Salah satu yang palingpotensial adalah Erick. Eks Presiden klub sepakbola Italia, Inter Milan ini akan memperkuat soliditas dan konsolidasi dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), lantaran bukan kader partai politik.

"Di Koalisi Prabowo kan banyak ketua umum yang ber­potensi jadi Cawapres. Selain Airlangga, ada Zulkifli Hasan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Yusril Ihza Mahendra. Makanya, Prabowo harus mencari calon nonparpol, agar tidak terjadi tarik menarik kepentingan," saran Ridwan.

Baca juga : Unggul di Jawa Timur, Erick Punya Chemistry Kuat dengan Warga NU

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 6/10/2023 dengan judul Bursa Cawapres Untuk Prabowo, Erick Lebih Menjanjikan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.