Dark/Light Mode

Ulama-Kiai Rame-rame Doakan Ganjar Presiden

Rabu, 11 Oktober 2023 08:00 WIB
Syekh Muhammad Fadhil Jailani, Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani mendoakan Ganjar Pranowo saat bertemu di acara pernikahan anak dari pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek, KH M Mustofa Aqil Siroj, pada Minggu (8/10/2023). Syekh Fadil juga memberikan amalan khusus ke Ganjar.
Syekh Muhammad Fadhil Jailani, Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani mendoakan Ganjar Pranowo saat bertemu di acara pernikahan anak dari pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek, KH M Mustofa Aqil Siroj, pada Minggu (8/10/2023). Syekh Fadil juga memberikan amalan khusus ke Ganjar.

 Sebelumnya 
Kunjungan menemui para kiai dan ulama lanjut pada hari Minggu (8/10/2023), saat Ganjar menghadiri acara pernikahan anak dari pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek yakni KH M Mustofa Aqil Siroj, di Cirebon. Di acara ini, Ganjar didoakan Syekh Muhammad Fadhil Jailani, cucu Syekh Abdul Qadir Jailani.

Sejumlah tokoh hadir dalam acara itu, di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, hadir juga KH Said Aqil Siroj yang merupakan kakak dari KH Mustofa.

Baca juga : Saga Gelar Sholawat Kebangsaan, Doakan Ganjar Pranowo Menang Di Pilpres 2024

Ada pula keluarga KH Maimoen Zubair yang menjadi besan dari KH Mustofa. Hadir di antaranya Taj Yasin Maimoen yang duduk berdampingan dengan Syekh Muhammad Fadhil Jailani adalah cucu ke-25 dari Syekh Abdul Qadir Jailani yang dikenal sebagai sufi mahsyur serta Sulthanul Auliya’.

Mulanya, Ganjar diperkenalkan oleh Kang Muh dan keluarga kepada Syekh Fadhil Jailani sebagai kandidat presiden 2024. Lalu, ketika setelah bertemu mempelai, Ganjar dipanggil oleh Syekh Fadhil.

Didampingi penerjemah dan perwakilan keluarga, Syekh Fadhil tampak menyampaikan beberapa hal kepada Ganjar. Sesekali sang syekh tampak menghitung jari-jemari yang diperhatikan Ganjar dengan seksama.

Baca juga : Relawan GUS Muda Ikrarkan Dukungan Kepada Ganjar Pranowo

“Itu (yang disampaikan) doa dan amalan Syech Fadhil Abdul Qadir Djaelani buat Pak Ganjar,” kata perwakilan keluarga yang mendampingi Ganjar saat bersama Syekh Fadhil, yaitu Riyad.

Ia menuturkan, amalan yang diberikan berupa lantunan doa untuk dibaca sebanyak 313 kali seusai Ganjar menunaikan salat. “Itu (amalan) untuk Pak Ganjar supaya selalu kuat dan sehat, artinya beliau sangat peduli kepada Pak Ganjar,” ungkapnya.

Dari sana, Ganjar kemudian bersilaturahmi dengan pengasuh Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Palimanan, Cirebon, Muhammad Faqih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.