Dark/Light Mode

Cocok Dampingi Ganjar, Andika Dianggap Bisa Hadapi Tantangan Global

Jumat, 13 Oktober 2023 04:55 WIB
Andika Perkasa. (Foto : Ist)
Andika Perkasa. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik, Prof. Rhenald Kasali, menyatakan jika Ganjar memilih Andika Perkasa sebagai calon wakil presidennya akan melengkapi kepimpinan di Indonesia.

Ia berujar Andika Perkasa memiliki rekam jejak yang membawa banyak perubahan baik di tubuh militer Indonesia.

Baca juga : Wamen LHK: Anak Muda Indonesia Harus Bisa Jadi Diplomat Iklim

Menurut Rhenald, Andika Perkasa dinilai sebagai pemimpin yang sudah memahami bagaimana cara kerja dunia masa depan untuk memajukan Indonesia. DIa menilai kalau dunia akan dihadapi dengan gaya afirmasi serta inklusivitas.

“Dia (Andika Perkasa) telah memasuki dunia baru ke depan yaitu inklusivitas. Dunia masa depan itu adalah dunia afirmasi dan dunia inklusivitas,” ucapnya.

Baca juga : Punya Solusi Konflik Di Papua, Andika Dinilai Bisa Bersinar Di Pilpres 2024

Konsep itu pun nyatanya telah diimplementasi oleh Andika Perkasa ketika menjabat sebagai Panglima TNI.

Prof. Rhenald menceritakan bagaimana Andika Perkasa membantu salah satu prajurit TNI yang kala itu memiliki masalah terkait pengakuan yang terjadi pada Aprilia Manganang.

Baca juga : Presiden Jokowi: KTT AIS 2023 Lahirkan Solusi Konkret Hadapi Tantangan Global

Oleh karenanya, Prof. Rhenald menyebut bahwa hal-hal mengenai inklusivitas pada diri pemimpin seperti Andika Perkasa perlu dilihat secara jelas. Sebab menurutnya, jiwa kepemimpinan seperti inilah yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik di masa depan.

“Perlu kita pahami bahwa kepemimpinan di hari esok itu memang berbeda sekali dengan kepemimpinan di masa-masa lalu. Dan Indonesia perlu mempertimbangkan pemimpian seperti ini (inklusivitas),” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.