Dark/Light Mode

Hadiri Rakernas Projo Hari Ini, Prabowo-Gibran Jadi Bintangnya

Sabtu, 14 Oktober 2023 08:52 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Pro Jokowi (Projo) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, hari ini, Sabtu (14/10/2023). Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang disebut-sebut bakal berduet, sepertinya akan menjadi bintang dalam acara ini.

Dalam Rakernas ini, Projo mengundang banyak tokoh penting. Mulai dari Presiden Jokowi, para ketua umum parpol, sampai kandidat potensial yang akan maju di Pilpres 2024. Makanya, Gibran ikut diundang.

Jokowi dipastikan akan hadir di Rakernas itu. Rencana kehadiran Jokowi disampaikan Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, saat memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/10/2023). "Presiden (hadir) jam 14.00 WIB," ujar pria yang juga menjabat Menkominfo ini.

Budi lalu mengkonfirmasi kehadiran Prabowo dan Gibran. "(Prabowo) hadir. (Gibran) datang," ujar dia.

Rakernas ini, akan diikuti sekitar 20.000 peserta. Budi Arie mengatakan, Rakernas akan dibuka Presiden Jokowi. Setelah pembukaan, akan dilakukan deklarasi dukungan Capres-Cawapres.

Baca juga : Kenapa Prabowo Mau Pilih Gibran, Ini Penjelasan Dasco

Apakah Projo akan sekaligus deklarasi Prabowo-Gibran sebagai bakal capres-cawapres? Budi Arie menjawab dengan candaan. "Mau tahu aja kamu. Pokoknya kita mau deklarasi besok," ujarnya.

Tanda-tanda Rakernas ini akan menjadi panggung untuk Prabowo dan Gibran sudah terlihat. Sebab, dalam Rakernas ini, Capres PDIP Ganjar Pranowo dipastikan tidak akan hadir. “(Ganjar) nggak (hadir),” kata Budi Arie.

Sebelumnya, Sekjen Projo Handoko mengatakan, suara kader Projo di daerah sudah bulat, yang mengarah ke Prabowo. Meski begitu, suara kader Projo belum bulat soal pendamping Prabowo. Menurutnya, hal itu baru akan terungkap pada Rakernas Projo hari ini.

"Terkait dengan suara konferda-konferda memang paling banyak mengusulkan Pak Prabowo tetapi, bulet ya semuanya," ujar Handoko Jakarta, Kamis (12/10).

Prabowo juga sudah mengkonfirmasi akan hadir di Rakernas Projo. Dia menyebut, semua ketum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang mendukungnya sebagai Capres, juga diundang ke Rakernas Projo.

Baca juga : Hadirkan Program Berkualitas, IndiHomeTV Gaet Rans Dan Taulany TV

"Saya diundang sore hari," kata Prabowo, usai rapat dengan para ketua umum parpol KIM, di Kertanegara, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Prabowo berharap, agar ketum parpol KIM yang diundang bisa datang ke Rakernas Projo. Menurutnya, tidak baik jika tidak datang padahal sudah diundang. "Kalau diundang harus datang dong, nggak baik kalau diundang nggak datang," ujar dia.

Namun, di Rakernas nanti ada satu yang kurang. Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, yang sedang naik daun, tidak bisa hadir. PSI menyebut, Kaesang berhalangan karena ada acara konsolidasi dengan kader PSI di Manado, Sulawesi Utara.

"Iya. Sayang sekali (nggak bisa hadir). Mas Ketum sudah ada jadwal di Manado, konsolidasi internal," kata Sekjen PSI Raja Juli Antoni, kepada wartawan, Jumat (13/10/2023).

Dia menambahkan, Kaesang juga dijadwalkan bertemu dengan relawan Jokowi di Manado. "Pertemuan dengan para relawan Pak Jokowi," imbuh dia.

Baca juga : Hadiri Parade Senja, Jokowi Duduk Diapit Prabowo Dan SBY

Sebagai gantinya, sejumlah perwakilan PSI akan hadir dalam Rakernas Projo. Raja Juli berharap, Rakernas Projo berlangsung dengan lancar.

"Dari PSI akan hadir Wakil Ketua Umum dan beberapa Ketua dan Wakil Sekjen. Selamat dan salam untuk kawan-kawan Projo. Sukses Rakernas Projo," tuturnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Sabtu (14/10), dengan judul “Hadiri Rakernas Projo Hari Ini, Prabowo-Gibran Jadi Bintangnya”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.