Dark/Light Mode

Pengamat Yakin, Gibran Mampu Buktikan Layak Sebagai Cawapres

Senin, 23 Oktober 2023 20:16 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Rakernas Projo, di Indonesia Arena, Kawasan GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (14/10). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Rakernas Projo, di Indonesia Arena, Kawasan GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (14/10). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024, diyakini mampu membuktikan kepada publik bahwa dirinya layak menjadi Cawapres.

"Mampu menunjukkan kepada publik, menunjukkan kepada rakyat, dan menunjukkan kepada pemilih bahwa layak untuk dipilih oleh Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju," kata pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin, Senin (23/10).

Putra sulung Presiden Jokowi itu juga dinilai mampu menjawab pertanyaan publik akan pengalamannya, yang dianggap sebagian pihak masih kurang karena usia masih muda.

Baca juga : Partai Garuda Yakin MK Akan Tolak Gugatan Batas Umur Maksimal Capres 70 Tahun

Ujang menyatakan, yang harus ditunjukkan Gibran antara lain sejumlah gagasan untuk kemajuan bagi NKRI dan prestasi. Termasuk, kedekatan dengan rakyat Indonesia yang jumlahnya lebih dari 270 jiwa.

"Itu yang harus ditunjukkan kepada publik agar keraguan-keraguan publik yang selama ini bisa terjawab tuntas oleh Gibran ketika sebagai mendampingi Prabowo," ucapnya.

Dia menilai, hal itu menjadi tantangan yang harus dihadapi Gibran sebagai sosok anak muda. Apalagi, ini pertama kalinya dalam sejarah demokrasi Indonesia, sosok muda dipercaya untuk maju dalam Pilpres 2024.

Baca juga : Pengamat Ajak Publik Kritisi Terus Putusan MK Soal Syarat Capres-Cawapres

"Jadi, itu yang harus ditunjukkan agar masyarakat secara terang-benderang menilai Gibran adalah sosok figur yang pantas, yang memang layak untuk bisa disandingkan dengan sosok Prabowo," jelasnya.

Sebelumnya, Prabowo mengumumkan Gibran sebagai Cawapres dari KIM untuk Pilpres 2024. Prabowo menjelaskan, keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota KIM mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

Saat mengumumkan itu, Prabowo didampingi para ketua umum partai anggota KIM. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.