Dark/Light Mode

Ganjar Bicara Peningkatan Industri Kreatif, Permudah Izin Hingga Kepastian Hukum

Senin, 23 Oktober 2023 22:37 WIB
Foto: Ganjar Pranowo
Foto: Ganjar Pranowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berbicara mengenai pandangannya terkait pengembangan industri kreatif yang ada di Indonesia agar bisa menjadi sebuah ladang pekerjaan bagi masyarakat.

Pernyataan itu dikatakan Ganjar dalam acara ‘Canda Politik bareng Ganjar Pranowo & Mahfud MD bersama anak muda dan pegiat seni di Mbloc, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023).

Jika terpilih menjadi Presiden, Ganjar pun akan mengeluarkan beberapa langkah agar industri tersebut bisa terus mengalami perkembangan.

Pertama, mengenai proses pemangkasan birokrasi untuk permudahan izin.

Baca juga : Pesta Rakyat Ganjar Pranowo #13 Dimeriahkan Aksi Souljah Hingga Kuburan Band

“Satu, jadi semua perizinannya gampang, masuknya gampang, tidak berbelit, tidak ada pungli, tidak ada korupsi, tidak dipersulit,” tegas Ganjar.

Kemudian, kata Ganjar, mengenai kepastian hukum. Ia bilang, jika sudah ada landasan hukum terhadap industri kreatif ini bisa memberikan sebuah kepastian bagi mereka yang menjalaninya.

"Yang ketiga sebenarnya ekonomi kreatif ini. Ini istilah saya itu langit tanpa batas, sumur tanpa dasar. Ruangnya gede banget, apalagi masuk dunia digital,” beber Ganjar.

Ganjar potensi industri kreatif di Indonesia sangat besar. Untuk itu, ia menilai pemerintah perlu memberikan pendampingan untuk mendorong para pelaku ekonomi kreatif.

Baca juga : Profil Mahfud MD Lengkap Harta Kekayaan, Keluarga Hingga Kepanjangan Inisial MD

“Ketika kemudian dunia digital menjadi satu alat yang bisa dipakai kembangkan seluruh talentanya, maka terjadi sesuatu yang boom,” jelas Ganjar.

Dalam acara ‘Canda Politik bareng Ganjar Pranowo & Mahfud MD’ dihadiri oleh seniman Butet Kartaredjasa, komedian Abdel Achrian, Cak Lontong hingga Stand Comedyan Adjis Doaibu.

Ganjar turut didampingi oleh calon wakil presiden Mahfud MD. Dalam kesempatan tersebut Ganjar terlihat mengenakan kemeja kotak-kotak berwarna merah putih.

Sementara Mahfud menggunakan kemeja kotak-kotak berwarna hitam putih. Ganjar mengatakan penggunaan kemeja kotak-kotak berwarna merah putih ini tidak ada maksud atau tujuan tertentu.

Baca juga : Dorong Peningkatan Coverage, Pemerintah Kaji Skema PBI Jamsostek

“Ya nggak apa-apalah. Kamu itu pakai baju garis-garis kamu tanya, kotak-kotak ditanya. Besok aku batik (aja),” tutur Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.