Dark/Light Mode

BNPT Dorong Pokja Pilar Pencegahan Aktif Sampaikan Perkembangan Capaian RAN PE

Rabu, 18 Oktober 2023 17:20 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong Kelompok Kerja Pilar Pencegahan (Pilar 1) Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan, yang Mengarah kepada Terorisme (RAN PE) aktif menyampaikan perkembangan pelaksanaan RAN PE periode Januari-Oktober tahun 2023.

Menurut Sekretaris Utama BNPT yang juga Pelaksana Harian Sekretariat Bersama (Sekber) dan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) RAN PE Bangbang Surono, perkembangan pelaksanaan akan memudahkan Sekber RAN PE untuk mulai mengidentifikasi capaian dan dampak positif pelaksanaan RAN PE tahun 2023.

Baca juga : Pemerintah Pusat Komitmen Genjot Percepatan Pembangunan Papua

"Saya berharap Kelompok Kerja Pilar 1 dapat secara aktif menyampaikan perkembangan pelaksanaan RAN PE periode Januari-Oktober tahun 2023 secara tepat waktu untuk memudahkan Sekber RAN PE dalam mengidentifikasi capaian dan dampak positif pelaksanaan RAN PE Tahun 2023," jelasnya, pada Rapat Koordinasi Kedua RAN PE di Jakarta pada Selasa (17/10/2023).

Sestama BNPT pun kembali mengingatkan sekaligus memotivasi kepada seluruh anggota pokja pilar pencegahan bahwa ranah fokus kerja pencegahan sangat penting dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia yang menggunakan pendekatan soft approach.

Baca juga : Genjot Produksi Padi, Plt Mentan Fokus Kendalikan Gempuran Hama

"Apa yang dilakukan pilar 1 sebagai pilar pencegahan sangat penting sebagaimana kita menggunakan pendekatan soft approach/pendekatan lunak dimana menitikberatkan segi pencegahan dalam penanggulangan terorisme," jelasnya.

Pilar 1 RAN PE yang merupakan Pilar Pencegahan terdiri dari rencana aksi Kesiapsiagaan, Kontra Radikalisasi dan Deradikalisasi.

Baca juga : DPR Harap Pemerintah Antisipasi Dampak Pembuangan Limbah Nuklir Ke Pasifik

Pada pelaksanaan RAN PE tahun ketiga ini, 68 dari 79 (86 persen) aksi telah selesai.

Adapun rincian dari persebaran aksi tersebut adalah sebanyak 45 dari 50 aksi (90 persen) telah dikomitmenkan di Pilar 1, 12 dari 15 aksi (80 persen) telah dikomitmenkan di Pilar 2, dan 11 dari 14 aksi (79 persen) telah dikomitmenkan di Pilar 3.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.