Dark/Light Mode

AMIN Muda: Dukung AMIN Untuk Satu Kemakmuran Dan Keadilan Antar Generasi

Sabtu, 28 Oktober 2023 20:14 WIB
Foto: AMIN Muda
Foto: AMIN Muda

RM.id  Rakyat Merdeka - Tepat di Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, puluhan pemuda dari berbagai kalangan dan profesi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Kelompok yang menamakan diri AMIN Muda ini mendukung AMIN karena visi misinya paling mewakili kepentingan kaum muda.

Koordinator Amin Muda, Muhammad Farhan menyebut Indonesia hari ini sedang dalam situasi krisis.

Maka agenda mendesak bangsa dan negara hari ini adalah memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum, dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.

Selain itu, Farhan menegaskan agenda yang tidak kalah pentingnya adalah keadilan antargenerasi, menuju Indonesia 2045, mengantisipasi krisis iklim, dan kualitas SDM.

Juga, pencukupan infrastruktur dan layanan umum, yang didukung oleh inovasi di berbagai bidang kehidupan, dengan anak muda terlibat sebagai penggerak aktif dalam perumusan dan pembuatan kebijakan berbangsa dan bernegara.

Baca juga : JAMMI Dukung BNPT Libatkan Masyarakat Sipil Cegah Terorisme

"Generasi muda menuntut keadilan dan kemakmuran antargenerasi. Kami menuntut perubahan untuk memastikan keadilan dan kemakmuran generasi. Bagi kami tuntutan keadilan dan kemakmuran niscaya, berubah atau punah, sebagai generasi," tegas Farhan, di Sekretariat Koalisi Perubahan, Sabtu (28/10/2023).

Farhan menyebut, Indonesia memerlukan pemimpin nasional dengan etos perubahan yang harus mampu mengembalikan tujuan utama bernegara.

Yakni, mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara yang maju dan berkeadilan sebagaimana dikandung dalam sila ke-5 Pancasila, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dan satu-satunya kandidat dengan kepemimpinan yang kolaboratif, yang mengkolaborasikan keadilan dan kemakmuran, masa kini dan masa depan, menurutnya, ialah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Keduanya dinilai Farhan sebagai pemimpin kolaboratif yang memiliki visi dan misi sejalan dengan keadilan antargenerasi.

"Mewujudkan keadilan sosial yang sebenarnya adalah tugas kita ke depan, melalui Satu Keadilan dan Kemakmuran," ungkap Farhan.

Baca juga : Dukung Arab Saudi, Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia Setelah 2034

Dalam deklarasi itu, Anggota Badan Pekerja (BAJA) AMIN, Sudirman Said menerima langsung dukungan itu.

Dia berharap, AMIN Muda menjadi motor utama perubahan dan pemenangan pasangan AMIN di Pilpres 2024.

Menurutnya, hal ini merupakan sebuah kehormatan atas inisiatif dan gerakan luar biasa dari AMIN Muda.

"Kalau anak muda diam, maka negara tidak punya masa depan. Selalu ada anak muda yang selalu satu langkah di depan," ujar Sudirman.

"Ini peluang anak muda untuk menjadi pendorong agar pada 2045 ketika kalian sedang berada di puncak karier, Indonesia masih eksis, bahkan makin adil dan sejahtera, sehingga telah tercapai satu kemakmuran," imbuhnya.

Sementara Co-Founder BersamaIndonesia Ivan Ahda menyebut, pemilu hari ini menentukan masa depan generasi muda.

Baca juga : Jurkam AMIN Fokus Sampaikan Program Anies-Muhaimin Kepada Masyarakat

Diingatkannya, perubahan adalah kebutuhan. Maka ia menyebut jargon AMIN Muda, berubah atau punah, sudah tepat.

Sebagai pasangan capres dan cawapres, AMIN, menawarkan paradigma, sistem tata kelola, dan pendekatan kebijakan yang baru dan berbeda dari apa yang ada sekarang.

"Paradigma yang berangkat dari prinsip-prinsip keadilan. Keadilan yang bersumber dari pembukaan UUD 1945," ujar Ivan Ahda.

Selanjutnya, AMIN Muda akan bekerja memenangkan pasangan AMIN dengan menyebarkan dan membangun pengetahuan yang bersumber dari keadilan sosial sebagai gagasan utama kampanye AMIN, khususnya keadilan antargenerasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.