Dark/Light Mode

Serahkan Alat Gamelan Ke Pelaku Seni Di Sumut

Ganjar Dukung Pembangunan Seni Dan Budaya Indonesia

Jumat, 10 November 2023 18:31 WIB
Calon presiden Indonesia, Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan seperangkat alat musik Gamelan kepada pelaku seni di Sumatera Utara. (Foto: Ist)
Calon presiden Indonesia, Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan seperangkat alat musik Gamelan kepada pelaku seni di Sumatera Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden Indonesia, Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan seperangkat alat musik Gamelan kepada pelaku seni di Sumatera Utara. 

Penyerahan dilakukan pada saat Ganjar menghadiri gebyar seni budaya di lapangan Tumpatan Nibung, Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (10/11/2023). 

"Saya serahkan ini, mudah-mudahan bisa mengembangkan seni dan budaya yang ada disini," ucap Ganjar kepada perwakilan pelaku seni. 

Baca juga : Bamsoet Dukung Konser Coldplay dan Ed Sheeran di Indonesia

Ganjar menyatakan bahwa pembangunan bukan hanya terbatas pada fisik, tetapi juga harus mencakup aspek spiritual dan kebudayaan.

"Pembangunan tidak hanya pembangunan fisik, ada pembangunan spiritual, keagamaan, pendidikan, kesehatan, pangan, energi dibangun, tapi jangan melupakan seni dan budaya, karena sebenarnya Anda bisa melihat dengan kesenian seperti ini masyarakat berkumpul, nuansanya kebahagian ada," papar Ganjar.

Ganjar juga menekankan pentingnya pembinaan dan dukungan bagi para pelaku seni, karena melalui seni, anak-anak bisa mengekspresikan diri, menunjukkan talenta, dan mengasah kepekaan serta rasa mereka. 

Baca juga : Kemenkes-TNI Perpanjang Kerja Sama Bangun Kesehatan Indonesia

Menurut Ganjar, pembangunan seni budaya diakui sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, dan Ganjar berkomitmen untuk terus memberikan perhatian pada sektor ini demi kelanjutan kekayaan budaya Indonesia.

"Jadi pembangunan seni budaya itu sangat penting sekali," tegas Ganjar.

Hadir puluhan sanggar seni dari sejumlah daerah seperti Langkat, Binjai, Medan, Serdang Bedagai hingga Simalungun dalam acara penyerahan dan gebyar seni dan budaya tersebut.

Baca juga : Ganjar Dapat Pelukan Hangat Susi Pudjiastuti

Ganjar juga sempat disuguhkan tarian Jaran Kepang. Tarian itu dipentaskan oleh ratusan penari berbakat dari Sumatera Utara. 

Mantan gubernur Jawa Tengah itu pun memuji pementasan seni yang ditampilkan dalam acara tersebut.

"Tariannya luar biasa, top, indah, bagus sekali," imbuh Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.