Dark/Light Mode

Survei Indo Barometer

Prabowo-Gibran Diyakini Menang Pilpres 2024 Satu Putaran, Ini Alasannya

Sabtu, 11 November 2023 17:21 WIB
Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indo Barometer meyakini, Pilpres 2024 dapat berlangsung satu putaran. Salah satu alasannya, adalah tren elektabilitas yang terus menguat. 

Hasil survei Indo Barometer terbaru yang dipublikasikan pada Sabtu (11/11/2023) menunjukkan, Prabowo-Gibran unggul dengan angka 34,2 persen. Jauh meninggalkan Ganjar-Mahfud (26,2 persen) dan Anies-Muhaimin 18,3 persen.

"Dalam simulasi 3 nama capres yang menggunakan pertanyaan tertutup, Prabowo memimpin dengan suara sebesar 35,8 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo 26,0 persen, dan Anies Baswedan 18,5 persen. Sebanyak 19,7 persen responden memutuskan tidak memilih," jelas Peneliti Indo Barometer, Christopher Nugroho, dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (11/11).

Baca juga : Sabet 34,2 Persen Suara, Prabowo-Gibran Ungguli Ganjar-Mahfud Dan AMIN

Pada simulasi head to head, Prabowo juga lebih unggul dibandingkan Ganjar. Sedangkan Anies, memperoleh persentase lebih rendah ketika dihadapkan dengan Prabowo atau Ganjar. Berikut rinciannya:

  • Ganjar Pranowo (35,2 persen) Vs Anies Baswedan (23,2 persen)
  • Prabowo Subianto (40,6 persen) Vs Ganjar Pranowo (27,5 persen)
  • Prabowo Subianto (45,3 persen) Vs Ganjar Pranowo (20,7 persen)

Christipher pun menjelaskan alasan, mengapa Prabowo-Gibran unggul. Menurutnya, hal ini antara lain disebabkan oleh sejumlah keunggulan yang dimiliki Prabowo. Antara lain, Prabowo paling dikenal dan disukai. Selain itu, dia juga mendominasi aspek evaluasi kepribadian dan kemampuan capres.

"Alasan paling dominan memilih presiden saat ini adalah tegas dan berani," papar Christopher.

Baca juga : Populi Center: Prabowo-Gibran Pasangan Paling Bisa Meneruskan Jokowi

Tak kalah penting, Prabowo unggul dalam hal tingkat pengenalan (popularitas) dan tingkat kesukaan para capres.

Selain itu, Prabowo juga lebih dominan dalam penilaian aspek kepribadian yang penting bagi pemilih dan dalam penilaian aspek kemampuan.

Aspek kepribadian yang paling menonjol dalam hal ini, menurut Indo Barometer adalah Tegas (84 persen) dan Berwibawa Sebagai Pemimpin (81,3 persen). Sedangkan aspek kemampuan Prabowo yang paling mengemuka adalah Mampu Mengatasi Masalah Keamanan (78,6 persen) dan Mampu Mengatasi Masalah Hukum (71,1 persen).

Ingin Yang Tegas

Baca juga : Kalau Pilpres Digelar Sekarang, Yang Menang Prabowo-Gibran, Ini 6 Alasannya

Christopher menjelaskan persamaan dan perbedaan di Pilpres 2014 dan 2019, dengan alasan memilih dalam survei Pilpres 2024. Pada tahun 2014 dan 2019, dua alasan dominan adalah merakyat dan tegas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.