Dark/Light Mode

Penjelasan TKN Terkait Kehadiran Gibran di Acara Silaturahmi Nasional Desa

Senin, 20 November 2023 13:00 WIB
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara Silaturahmai Nasional Desa 2023, di Indonesia Arena, Glora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/11). (Foto: Antara)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara Silaturahmai Nasional Desa 2023, di Indonesia Arena, Glora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/11). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Komandan Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Habiburokhman, memberikan penjelasan mengenai kehadiran Gibran dalam acara Silaturahmai Nasional Desa 2023, di Indonesia Aarena, Glora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/11). Dia menyebut, forum tersebut merupakan acara penyamapaian aspirasi dari organisasi-organisasi perangkat desa yang tergabung dalam organisasi Desa Bersatu.

"Sejak penyampaian undangan, kami memastikan bahwa di acara tersebut tidak ada penyampaian dan penerimaan dukungan. Dalam pelaksanaan acara tersebut hingga selesai, jelas tidak ada sama sekali bentuk penyampaian dukungan politik kepada kami," ucapnya, Senin (20/11).

Baca juga : Ungkap Alasan Ngumpet Usai Diperiksa Polisi, Firli Bahuri: Situasinya Abnormal

Habib memastikan, pihaknya tahu bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 280, 282, dan 490 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ada larangan keras melibatkan kepala desa dalam kampanye dan juga larangan bagi kepala desa untuk membuat kebijakan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon selama masa kampanye.

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ucap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Baca juga : Prof. Tjandra Jelaskan 3 Hal Penting Terkait Wolbachia Singapura Dan WHO

Habib memastikan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberi perhatian pada desa dan masyarakat desa. "Desa perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.