Dark/Light Mode

Jadi Wasekjen THN AMIN, Heikal Safar Siap Cegah Potensi Kecurangan Pemilu 2024

Selasa, 28 November 2023 13:33 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Politikus Partai NasDem Heikal Safar ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Tim Hukum Nasional (THN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Caleg DPRD Jawa Barat itu menyatakan, pembentukan THN AMIN, merupakan manifestasi tingginya komitmen pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) terhadap tegaknya supremasi hukum di Tanah Air.

Selain itu, pembentukan THN AMIN juga sebagai respons terhadap upaya dugaan politisasi hukum untuk menghalangi pencalonan AMIN dan potensi kecurangan di Pemilu 2024.

“Pada intinya, dengan adanya THN AMIN ini, kami ingin menegaskan bahwa kami, para advokat dan berbagai elemen masyarakat lainnya, tidak takut untuk menegakkan kebenaran dan keadilan supremasi Hukum di Indonesia,” ujar Heikal, di kantornya, Jaka Sampurna Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/11/2023).

Baca juga : Jaga Kerahasiaan PIN, Bank Danamon Minta Nasabah Cegah Modus Penipuan

THN AMIN yang diketuai Ari Yusuf Amir dan beranggotakan sekitar 270 orang, dideklarasikan di Swansa Grand Ballroom, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/11/2023).

Eks Jaksa Agung RI, M Prasetyo, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015 Hamdan Zoelva, didapuk sebagai Ketua Dewan Penasihat THN AMIN.

Lalu, Guru Besar UII Ni'matul Huda didapuk menjadi Ketua Dewan Pakar.

Pada acara deklarasi, Hamdan Zoelva membacakan isi poin-poin deklarasi Tim Hukum Nasional AMIN.

Baca juga : Kosgoro 1957 Siap Menangkan Golkar dan Prabowo-Gibran Di Pemilu 2024

“Salah satu isi dari poin deklarasi tersebut yakni dalam rangka mencegah kejahatan Pemilu yang terstruktur, sistematis dan masif, serta akan bekerja secara profesional dan sungguh-sungguh dalam mengawal kepentingan hukum pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024," ungkap Heikal, mengutip poin isi deklarasi tersebut.

Selain itu, kata Heikal, THN AMIN punya peran lebih jauh,yakni melakukan asistensi hukum, advokasi.

“Serta memperkaya substansi isu-isu dan gagasan-gagasan di bidang hukum,” tandasnya.

Beberapa tokoh tampak menghadiri deklarasi THN AMIN tersebut.

Baca juga : Hakka Kalbar Siap Menangkan Ganjar - Mahfud di Pilpres 2024

Di antaranya, mantan Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Mantan Gubernur DKI Jakarta Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso.

Hadir juga, Habib Mohsen Hasan Al Hinduan, Ayu Alwiyah Al Jufri, Eka Gumilar, dan Refly Harun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.