Dark/Light Mode

Wujudkan Program Makan Dan Susu Gratis

Prabowo Berpotensi Alihkan Dana Bansos Dan Anggaran Pendidikan

Minggu, 3 Desember 2023 10:55 WIB
Prabowo-Gibran (Foto: Ist)
Prabowo-Gibran (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program makan dan susu gratis dari Prabowo-Gibran jadi salah satu fokus yang ditekankan untuk menarik suara pemilih di Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 mendatang.

TKN (Tim Kampanye Nasional) Prabowo-Gibran pun telah menajabarkan sumber dana Rp 400 triliun yang akan digelontorkan setiap tahunnya. Sekretaris Jenderal TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyebut, sumber dana untuk program makan dan susu gratis bisa didapat melalui pengalihan dana-dana APBN dari sejumlah sektor.

"Sumbernya ya dari refocusing dan realokasi uang fungsi pendidikan, perlindungan sosial dan dana kesehatan. Tergantung pada segmentasi orang bersangkutan," tuturnya, di Jakarta.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang, KIS, KIP, KIP KULIAH, BPJS Dan PKH Tetap Lanjut

Nusron pun melirik APBN Pendidikan di Indonesia yang kini mencapai Rp 660 triliun.

Maka dari itu, ia pede alias percaya diri kalau Rp 400 triliun untuk program makan dan susu gratis dapat terlaksana dengan strategi yang mengorbankan pembiayaan dari sektor-sektor lain.

“Kalo dilihat, anggaran pendidikan 2024 Rp 660 triliun. Kalo makan siang untuk anak sekolah, ini masuk pendidikan atau tidak? Jadi sebenarnya kalau Rp 400 triliun alokasinya sebenarnya sudah ada,” tuturnya.

Baca juga : Prabowo-Gibran Belajar Dari Jepang

Ia pun menerangkan kalau program makan dan susu gratis Prabowo-Gibran akan bisa mengakomodir 82,9 juta rakyat yang membutuhkan.

Namun, upaya itu diprediksi baru tercapai 100 persen di tahun 2029.

"Itu program dengan asumsi tercover 82,9 juta atau 100 persen itu baru bisa tercapai pada 2029," tandas Nusron.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.