Dark/Light Mode

Anies Ke Pasar, Prabowo Makan Siang Dengan Artis

Jumat, 8 Desember 2023 08:55 WIB
Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua Calon Presiden mengisi waktu berbeda di hari ke-9 kampanye. Capres 01 Anies Baswedan tinggalkan Jakarta untuk blusukan ke pasar tradisional di Bengkulu. Sedangkan Capres 01 Prabowo Subianto memilih makan siang bersama artis di Kantor Kemenhan, Jakarta.

Hari masih pagi saat Anies tiba di Pasar Minggu di Jalan KZ Abidin, Ratu Agung, Bengkulu. Tampilannya eks Gubernur DKI Jakarta itu juga tidak terlalu formil. Anies mengenakan kaos hitam dengan tulisan "Pasar AMIN Bengkulu" dipadukan dengan celana jeans warna biru.

Kedatangan Anies disambut antusias pedagang dan pengunjung pasar. Dia berkeliling mengunjungi satu persatu lapak pedagang yang menjual berbagai jenis dagangan. Sesekali, Anies juga terlihat berbincang dengan para pedagang untuk mengecek harga sejumlah kebutuhan pojok. Mulai dari cabe, daging ayam, telur hingga beras.

Dalam dialog itulah, eks Rektor Universitas Paramadina itu mendapat keluhan dari pedagang dan pengunjung soal harga-harga yang melambung tinggi. Khususnya beberapa pekan sebelum libur akhir tahun.

“Mau diterusin nggak mahalnya? Jadi saya ke sini mengenalkan program Pasar AMIN,” kata Anies dalam orasinya di hadapan para pedagang Pasar Minggu, Bengkulu, Rabu (6/12/2023).

Anies menerangkan, Pasar AMIN merupakan akronim dari Alhamdulillah laris,  Modalnya gampang, Irit biayanya, dan Nyaman tokonya. Dengan program tersebut, dia optimis stabilitas harga pangan nasional akan terjaga.

Selain itu, Anies menyebut mahalnya sembako tidak membuat para petani meraup untung lebih banyak. Sebab, ada peran tengkulak di baliknya. Keadaan itulah yang ingin diperbaiki bila nantinya terpilih menjadi presiden dalam Pemilu 2024.

Baca juga : Ditagih Rp 1 M Pasca Posting Foto Makanan

Kemudian Anies juga mengungkit tentang sulitnya mendapatkan pinjaman modal perbankan bagi para pengusaha kecil, dibandingkan usaha besar. Padahal, modal merupakan kunci sukses bagi pelaku usaha.

“Ini yang akan kita koreksi, doakan kita bisa melakukan perubahan,” tandas Anies.

Berbeda dengan Anies yang sibuk blusukan hingga ke luar Jakarta. Prabowo mengisi kegiatannya kemarin dengan tetap berada di Jakarta. Eks Danjen Kopassus itu tetap berkantor di Kementerian Pertahanan seperti biasa.

Bedanya, sebelum makan siang, Prabowo kedatangan 4 artis. Mereka adalah Nikita Mirzani, penyanyi dangdut Lesti Kejora dan suaminya Rizky Billar yang turut membawa anak semata wayangnya, Leslar atau kerap disapa "Baby L" serta dokter Oky Pratama.

Para tamu undangan ini lantas diajak duduk satu meja dan menyantap makan siang bersama. Prabowo duduk diapit pejabat Kemenhan, sementara para artis duduk di hadapannya. Mereka pun terlibat perbincangan hangat, dan bergurau satu sama lain.

Begitu puas santap siang, Prabowo meminta tamu undangannya untuk bernyanyi sebagai momen hiburan dan kenang-kenangan. “Ada undang-undang tidak tertulis (di sini), selesai acara, dilanjutkan menyanyi,” kata Prabowo di kantornya, Rabu (6/12/2023).

Mereka pun kompak menunjuk Lesti, karena menjadi satu-satunya orang yang punya bakat menyanyi. Dengan suara emasnya, jebolan Dangdut Academy itu mengambil alih grup penyanyi yang sedari awal mengiringi santap siangnya.

Baca juga : Prabowo Makan Siang Dan Nyanyi Bareng Artis Di Kemhan

Lesti kemudian mempersembahkan lagu favorit Prabowo, yaitu Andaikan Kau Datang Kembali yang dipopulerkan Ruth Sahanaya. Dilanjutkan dengan melantunkan lagu dangdut Terajana yang dipopulerkan Rhoma Irama, hingga lagu India berjudul Kuch Kuch Hota Hai. Prabowo pun terlihat berjoget sambil menikmati lagu-lagu tersebut.

Di akhir acara, Prabowo membagikan cinderamata berupa bukunya yang berjudul Kepemimpinan Militer kepada 4 artis tersebut, sembari membubuhkan tanda tangannya.

Kegiatan 3 Cawapres

Lalu bagaimana dengan tiga Cawapres? Seperti Capres, kemarin para Cawapres juga punya kegiatan berbeda-beda. Cawapres 01, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali blusukan di Aceh.

Di Provinsi Serambi Mekah itu, Imin mengunjungi Pasar Induk Cureh, lalu mengisi kuliah edukasi politik di Kampus IAI Almuslim Aceh, dan berziarah ke makam Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi (Habib Bugak) di Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

Dalam kesempatan tersebut, Imin juga menjanjikan dana otonomi khusus Aceh yang bakal berakhir 2027, bakal diperpanjang sampai kiamat. Namun, dengan tata kelola lebih baik agar dapat dinikmati rakyat, bukan pejabat.

“Jadi kalau AMIN menang, 2027 dana otsus Aceh tetap diperpanjang sampai kiamat,” ujar Cak Imin di Aceh.

Baca juga : Luna Maya, Dapat Bunga Pengantin BCL

Sementara itu, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kegiatannya tak jauh berbeda dengan Prabowo. Dia tetap berada di Solo dan menjalankan tugasnya sebagai wali kota.

Namun, begitu jam kerjanya beres, putra sulung Presiden Joko Widodo itu baru memulai aktivitas kampanye dengan menghadiri acara Deklarasi Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) dukung Prabowo-Gibran untuk menangi Pilpres 2024 di Jakarta.

Dalam acara tersebut Gibran mengajak perempuan muda nahdliyin untuk mengawal kasus stunting di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa Pasangan Prabowo-Gibran bertekad menyelesaikan permasalahan stunting di Indonesia dengan membagikan makan siang dan susu gratis bagi anak-anak.

Sementara itu, Cawapres 03 Mahfud MD mengisi kegiatan kampanye di haru ke-10 di Malaysia. Sebelum terbang ke Malaysia, Mahfud lebih dulu memberikan sambutan secara virtual dalam acara dengan mahasiswa se-Malang Raya di Universitas Brawijaya pada pukul 13.00 WIB.

Selanjutnya, Mahfud pergi ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, menuju Subang, Malaysia, pada pukul 14.00 WIB. Setelah tiba di Malaysia, Cawapres pendamping Ganjar Pranowo itu akan menghadiri acara shalawat dan istighasah kebangsaan di Putra World Trade Centre (PWTC), Kuala Lumpur, pada pukul 20.00 waktu setempat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.