Dark/Light Mode

Ganjar Akan Sat Set Tuntaskan Ibu Kota Nusantara

Jumat, 8 Desember 2023 08:10 WIB
Ganjar Pranowo bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Arsjad Rasjid di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, pada Kamis (7/12/2023).
Ganjar Pranowo bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Arsjad Rasjid di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, pada Kamis (7/12/2023).

 Sebelumnya 
“Dari presiden ke presiden (pembangunan IKN) belum berhasil dan sekarang sudah dimulai, maka tugas kita adalah melanjutkan. Kita siapkan betul dengan baik, agar ini bisa berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap Ganjar.

Jika terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia, ia berencana mengajak semua presiden Indonesia yang pernah menjabat untuk berdiskusi dalam pembangunan IKN.

IKN Nusantara dirancang menjadi kota masa depan dengan kecanggihan teknologi. Semua itu menjadi mimpi atau visi yang hanya bisa terwujud jika melibatkan semua unsur agar Ibu Kota memenuhi harapan bangsa Indonesia.

Baca juga : Dantara Yakin Duet Ganjar-Mahfud Bisa Percepat Pembangunan IKN Nusantara

“Kecanggihan teknologinya sudah dipaparkan, partisipasi masyarakat harus kita dengarkan, dan mudah-mudahan menjadi harapan kita bersama-sama bahwa inilah kota masa depan yang di desain menjadi mimpi modernitas, kemajuan peradaban. Ini adalah upaya kita bicara mewujudkan mimpi-mimpi anak bangsa,” tutur Ganjar.

Untuk mencapai mimpi, katanya, maka apa yang sudah didesain, digambar, harus dieksekusi. Apalagi konsepnya Ibu Kota Nusantara ini dinilai sempurna dan bisa mendapatkan wow effect untuk Indonesia. “Bahkan kalau perlu eksekusinya dipercepat agar mimpi segera terwujud,” tegasnya.

Menanggapi rencana pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pendorong transisi ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara, Ganjar mengatakan, hal itu perlu perencanaan matang agar tepat sasaran dan terukur.

Baca juga : Capres Pertama Kunjungi IKN, Ganjar Tegaskan Komitmen Pembangunan Ibu Kota Baru

“Ekosistemnya harus disiapkan, semua dilakukan melalui proses yang benar dan tepat,” ujar Ganjar.

Jika terpilih menjadi presiden, apakah siap berkantor di Istana? Dengan tegas dan singkat Ganjar menjawab, “Harus.”

Selama beberapa hari terakhir, Ganjar berkeliling Kalimantan Timur. Dia berdialog dengan banyak elemen. Masyarakat di sana pada umumnya memperkirakan Ibu Kota Nusantara akan siap dalam waktu sekitar 20-30an tahun. Karena prosesnya panjang dan lama, tentu transformasinya harus disiapkan dengan baik dan matang. Bagi Ganjar, warga lokal merupakan kekuatan dalam pembangunan IKN. sehingga harus terlibat, diberi akses pendidikan, agar kemudian hari mereka menjadi tuan rumah di wilayahnya sendiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.