Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ini Saran Pemerhati Lingkungan Ke Ganjar Yang Bertekad Lanjutkan Pembangunan IKN

Jumat, 8 Desember 2023 16:36 WIB
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) Kamis (7/12). (Foto: Video Instagram/ganjar_nusantara)
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) Kamis (7/12). (Foto: Video Instagram/ganjar_nusantara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerhati lingkungan hidup, Alexander Sonny Keraf mendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang bertekad melanjutkan program pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

“Saya sudah menyuarakan pemindahan ibu kota ini sejak 2010 sebagaimana visi Bung Karno di masa lampau. Dari sisi lingkungan, ibu kota negara harus pindah karena Jakarta terancam akan tenggelam,” kata Sonny, Jumat (8/12/2023).

Kendati demikian, Sonny memberikan beberapa catatan kepada Ganjar-Mahfud agar pembangunan Nusantara benar-benar terealisasi. 

Baca juga : Ganjar Pastikan Libatkan Masyarakat Adat Dalam Pembangunan IKN

Dia bilang, pembangunan IKN harus dilakukan multi years, dipersiapkan dengan baik, dan perencanaan yang matang. Terutama memastikan pembangunannya ramah lingkungan. 

Sonny juga merekomendasikan Ganjar-Mahfud agar menghentikan deforestasi dan mengembalikan hutan sebagai fungsi utamanya. Baik sebagai klimatologis untuk pengatur iklim, hidrologis untuk air, menyumbang udara bersih, sumber pangan, dan sumber energi. 

“Pembangunan IKN harus dipastikan benar-benar green, smart city dan dirancang untuk bisa sampai 100 tahun ke depan. Jangan sampai dibangun lalu beberapa tahun kemudian diubah lagi. Bangunan-bangunannya ramah lingkungan, tata kelola air, transportasi ramah lingkungan, dan ada hutan kota yang luas,” ujarnya. 

Baca juga : NIVA Jadi Produk Kesehatan Karya Anak Bangsa Pertama Untuk Jantung

Dia melanjutkan, selain green city dan zero emission, IKN harus menjadi episentrum pembangunan baru. Tujuannya supaya ada pergeseran aktivitas ekonomi, bisnis, dan birokrasi ke luar Jawa. Pembangunan IKN juga harus mengedepankan inklusivitas, dengan memperhatikan pemberdayaan masyarakat lokal.

"Penduduk lokal jangan sampai tersingkir dan menjadi penonton. Ke depan bakal terjadi konflik horizontal," tegas dia. 

Sebelumnya, Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya untuk melanjutkan proyek IKN. "Saya orang yang konsisten atas pelaksanaan sebuah aturan. Dan tentu saja IKN ini sebuah konsep yang disiapkan bahkan sejak zaman Bung Karno, di mana ada perencanaan untuk memindahkan ibu kota," kata Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.