Dark/Light Mode

Ganjar Pastikan Libatkan Masyarakat Adat Dalam Pembangunan IKN

Jumat, 8 Desember 2023 04:40 WIB
Calon presiden 2024 nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. (Foto : ist)
Calon presiden 2024 nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden 2024 nomor urut tiga, Ganjar Pranowo memastikan bakal melibatkan masyarakat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.  

Hal itu dilakukan agar keberadaan ibu kota baru tidak akan menggerus budaya dan masyarakat adat setempat. 

Baca juga : Ganjar Tekankan Pentingnya Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan IKN

"Proses ini cukup panjang, maka kita harus libatkan mereka (warga lokal dan warga adat)," ujar Ganjar saat berkunjung di IKN, Kamis (7/12/2023).

Pelibatan warga lokal juga harus dilakukan secara jangka panjang. Warga lokal juga harus mendapatka kemudahan akses pendidikan dan kesehatan. Saat ini, sekitar 30 persen warga lokal dilibatkan dalam proses pembangunan IKN. 

Baca juga : BPJS Kesehatan Tanamkan Budaya Anti Korupsi Dalam Program JKN

"Maka tadi saya tanya ada 30 persen warga lokal bekerja di sini. Mereka harus terlibat dan diberi akses pendidikan agar kelak nanti menjadi tuan rumah di sini. Agar setara dengan yang lain dan selebihnya kasih afirmasi," terangnya. 

Menurutnya, IKN adalah masa depan dan harapan baru bagi generasi muda. IKN akan menjadi pusat ekonomi hijau dan ekonomi digital yang menghadirkan banyak lapangan kerja serta kesempatan usaha yang baru.

Baca juga : Capres Pertama Kunjungi IKN, Ganjar Tegaskan Komitmen Pembangunan Ibu Kota Baru

"IKN ini adalah cerita masa depan Indonesia, cerita modernitas, cerita kemajuan peradaban, cerita partisipasi, cerita ekonomi hijau, industri kreatif, industri digital dan masa depan anak-anak. Maka inilah transformasi Indonesia yang diwujudkan dalam satu area," pungkas capres yang berpasangan dengan Mahfud MD ini.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.