Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Relawan Prabowo Rabu Biru Untuk Indonesia Luncurkan 2 Mobil Rumah Sehat Keliling

Senin, 11 Desember 2023 11:41 WIB
Relawan Prabowo Rabu Biru Untuk Indonesia RBUI saat meluncurkan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling di Cikoding, Jakarta Utara, pada Minggu (10/12). (Foto: Ist)
Relawan Prabowo Rabu Biru Untuk Indonesia RBUI saat meluncurkan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling di Cikoding, Jakarta Utara, pada Minggu (10/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Prabowo Rabu Biru untuk Indonesia (RBUI) meluncurkan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling Rabu Biru lengkap dengan dokter, perawat dan alat kesehatan di Cikoding, Jakarta Utara, pada Minggu (10/12). 

Ketua Umum RBUI, Henny Daeng Parani mengatakan rumah sehat keliling ini langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada sekitar 100 warga di hari peluncurannya, sebagai bagian dari program Prabowo-Gibran.

"Konsep ini kita harapkan akan jadi bagian dari penanganan kesehatan dari program Prabowo-Gibran yang tidak terpisahkan. Juga dari sistem kesehatan pencegahan penyakit maupun penanganan stunting," kata Henny Daeng.

Ia merinci, pelayanan kesehatan yang dilakukan RBUI dalam aksi bakti sosial Rabu Biru di Cikoding ini antara lain memberikan pelayanan kesehatan, obat, dan vitamin.

Baca juga : RBUI Lauching Program Rumah Sehat Keliling

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan Rabu Biru mencakup tekanan darah, asam urat, kadar gula darah, dan kolesterol. 

Rencananya, cakupan pelayanan kesehatan ini akan diperluas menjadi 48 titik di Jabodetabek dalam dua bulan ke depan. Warga dari berbagai lapisan masyarakat diizinkan memanfaatkan layanan ini.

RBUI juga berkomitmen untuk memperluas ke wilayah Pantura, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan konsep yang sama menggunakan mobil sehat keliling. 

Seluruh kegiatan ini, sebut Henny Daeng didukung oleh sumbangan dana bakti sosial dari relawan RBUI yang berjiwa sosial dan solidaritas tinggi dalam melayani sesama.

Baca juga : Relawan Ganjar Ronggolawe Ajak Warga Tuban Hidup Sehat Dengan Senam Gembira

Penasihat RBUI Roy Maningkas, menekankan bahwa Rumah Sehat Keliling Rabu Biru adalah implementasi nyata dari Asta Cita keempat yang diusung Prabowo-Gibran untuk sektor kesehatan. 

Fokus relawan ini, sebutnya antara lain pemberdayaan kesehatan masyarakat, penanggulangan stunting melalui pemeriksaan dan suplementasi gizi, serta perhatian khusus pada kesehatan ibu hamil.

Program ini, kata Roy adalah bagian dari upaya untuk mendukung Indonesia Emas 2045. Sehingga bonus demografi nantinya bisa lebih berkualitas dan berdampak positif pada meningkatnya kesejahteraan, karena masyarakatnya sehat dan produktif.

Sementara kondisi kesehatan masyarakat saat ini, sebutnya masih mengkhawatirkan. Ia lalu memaparkan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pihaknya bersama lembaga independen, terhadap warga di Jabodetabek.

Baca juga : Perlakuan Khusus Untuk Hasbi Hasan Di Pengadilan, Lewat Lift Ke Basement

"Sampling hampir 200 ribu orang. Angka kolesterol totalnya di atas ambang normal, tentu ini mengkhawatirkan," ungkapnya.

Ia menekankan bahwa kehadiran RBUI diharapkan dapat membantu pemerintah beralih dari penanganan kuratif menjadi preventif. 

Seperti pencegahan stunting yang diwujudkan melalui pemeriksaan ibu hamil, penghilangan faktor risiko, penambahan gizi, dan penguatan gizi anak hingga 1.000 hari kehidupan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.