Dark/Light Mode

Prabowo Main Air Di Kuningan, Ganjar Ngurus Nelayan

Kamis, 21 Desember 2023 08:17 WIB
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, bermain air sama anak-anak dalam peresmian sumber air bersih, di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/12). (Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, bermain air sama anak-anak dalam peresmian sumber air bersih, di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, melanjutkan safari politiknya dengan berkunjung ke Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/12/2023). Di sana, Prabowo main air bersama anak-anak. Sementara, Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo datang ke Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk bicara nasib petani dan nelayan.

Agenda Prabowo di Kuningan adalah meresmikan lima titik bantuan sumber air bersih yang berpusat di Desa Pamupukan. Prabowo yang datang sebagai Menteri Pertahanan, tiba pukul 11.00 WIB. Kedatangannya disambut antusias masyarakat yang sejak pagi telah memadati lokasi. Mereka bersahutan memanggil nama Prabowo. Teriakan-teriakan histeris bahkan terdengar sejak mobil yang ditumpangi Prabowo masih jauh dari kerumunan warga.

"Pak Prabowo! Pak Prabowo!" teriak warga.

Seruan warga semakin riuh ketika kendaraan Prabowo makin dekat dan yang empunya membuka kaca mobilnya. Warga rebutan bersalaman dengan Prabowo dan mengabadikan momen itu.

Salah satu warga bahkan ada yang antusias memeluk Prabowo. Prabowo tak risih. Dia tetap melayani dengan sabar sapaan dan uluran tangan masyarakat yang ingin bersalaman dengannya. Prabowo berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan warga padanya. 

"Kita terus akan berjuang mengatasi kesulitan rakyat di mana pun," kata Prabowo, saat meresmian lima titik sumber air bersih.

Baca juga : Di Depan Warga Kuningan, Prabowo Akan Terus Berjuang Atasi Kesulitan Rakyat

Usai meresmikan sumber air bersih dan pipanisasi, Prabowo nampak riang gembira bermain air bersama dengan anak-anak warga Desa Pamupukan. Sebelumnya, anak-anak tersebut terlihat sangat antusias menunggu kedatangan Prabowo.

Meski di bawah terik sinar matahari dan harus berdesak-desakkan, tak menyulutkan semangat anak-anak warga Desa Pamupukan untuk dapat mengabadikan momen bersama bermain air dengan Prabowo. “Pak Prabowo, sini Pak, foto-foto dong Pak,” seru anak-anak tersebut.

Usai menekan tombol sirine yang menandakan telah resminya penyerahan proyek bantuan air bersih, Prabowo bergegas menghampiri anak-anak tersebut. Begitu sampai, tangan Prabowo nampak ditarik anak-anak itu mendekati semburan air. Prabowo sempat membasuh mukanya menggunakan sumber air bersih yang mengalir dan baru diresmikannya.

Sontakan warga Desa Pamupukan semakin meriah ketika Prabowo nampak memeluk sejumlah anak yang berada percis di hadapannya. “Hidup Prabowo!,” teriak salah seorang warga. 

Prabowo juga sempat memberikan salam hormat kepada warga sekitar. Tangannya jadi rebutan salaman oleh para anak-anak warga Desa Pamupukan.

Sementara, Ganjar Pranowo menjadi pemateri dalam acara Food and Agriculture Summit III dan Dialog Calon Presiden RI 2024-2029, di IPB Convention Centre, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023). Dalam paparannya, Ganjar menegaskan memberi perhatian serius terhadap perlindungan dan kesejahteraan nelayan dan petani. Salah satunya dengan mengulirkan kebijakan asuransi bagi nelayan dan petani.

Baca juga : Prabowo Resmikan 5 Titik Bantuan Air Bersih Di Kabupaten Kuningan

Kata mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini, ada banyak terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan. Yaitu memberikan jaminan, pasokan BBM, modal kerja agar bisa ke laut, juga asuransi kepada nelayan dan petani.

“Kalau itu dilakukan, itulah perlindungan pada petani dan nelayan kita yang paling konkret yang mereka bisa rasakan. Ini juga menjadi program Ganjar-Mahfud," jelas Ganjar. 

Selain asuransi, lanjut Ganjar, offtacker-nya harus dipikirkan. Yaitu memikikirkan siapa yang akan membeli produk petani dan nelayan dan sistem informasi harga, yang seringkali para petani dan nelayan ini tidak tahu, yang berakibat mereka masuk dalam jebakan tengkulak. “Kalau Pemerintah bisa masuk ke situ, maka petani dan nelayan akan mendapatkan jaminan yang baik,” tegasnya.  

Menurut Ganjar, untuk mendongkrak produksi para nelayan, perlu dukungan teknologi baru dengan tindakan khusus atau afirmasi. "Tentu dengan modernisasi pendataan dari masing-masing data kependudukan yang ada sehingga tidak terjadi tumpang tindih," terangnya.

Hal ini menjadikan 'Satu Data Indonesia' penting bagi petani dan nelayan. Ganjar mencontohkan, jika di satu keluarga ada dua anak yang tidak bisa sekolah, dengan satu data itu akan langsung ketahuan. Keluarga tersebut akan mendapat bantuan langsung tunai (BLT), jaminan kesehatan, jaminan pendidikan, dan lain-lain.

“Kalau dia bertani, keluarga itu juga mendapatkan alokasi pupuk. Kalau dia nelayan, mungkin mendapatkan asuransi atas jenis-jenis lainnya. Kalau datanya satu maka bisa diselesaikan dengan cepat,” paparnya.

Baca juga : Prabowo: Firasat Saya, Gus Yaqut Akan Terus Berperan di Indonesia

Ganjar juga berjanji akan memutihkan kredit macet seluruh nelayan. Pemutihan ini dimaksudkan agar nelayan bisa lebih produktif dan semakin sejahtera. 

“Pemutihan kredit macet nelayan itu selain pelatihan, pendampingan, dan pemberian bantuan alat tangkap atau solar subsidi,” terang politisi PDIP ini.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (21/12), dengan judul "Prabowo Main Air Di Kuningan Ganjar Ngurus Nelayan".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.