Dark/Light Mode

Kawal Aspirasi Warga Jakarta

PKB Mau Loloskan 2 Kader Ke Senayan

Jumat, 22 Desember 2023 07:40 WIB
Ketua DPW PKB Provinsi DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas. (ANTARA/HO-DPRD DKI)
Ketua DPW PKB Provinsi DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas. (ANTARA/HO-DPRD DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi DKI Jakarta telah mengevaluasi dan bertekad meloloskan kader ke Senayan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Pasalnya, pada Pileg 2019 lalu, tak satu pun kader PKB DKI Jakarta berhasil menduduki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketua DPW PKB Provinsi DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan, kebijakan Pemerintah Pusat yang bersinggungan dengan kepentingan Jakarta atau kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang membutuh dukungan dari pusat tidak bisa terkawal dengan baik, karena PKB tak memiliki wakil di DPR. Sebab itu, dia bertekad mendudukan kader di Senayan, agar dapat memperjuangkan aspirasi warga Jakarta secara optimal.

“Misalnya, rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). Kebijakan itu, melahirkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang bersinggungan dengan kepentingan warga, seperti sistem Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota,” ujar Hasbiallah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/12/2023).

Baca juga : Prakiraan Terbaru BMKG: Cuaca Besok Jakarta Masih Panas, Waspadai 3 Wilayah Ini

Karenanya, sambung dia, pihaknya menargetkan meraih 15 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI dan dua kursi DPR di Pileg 2024 nanti. Menurut dia, target tersebut realistis untuk dicapai, karena Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kini maju menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres), mendampingi Calon Presiden (Capres), Anies Baswedan.

“Kerja para calon anggota legislatif (caleg) di DKI akan lebih mudah, karena kampanye mereka bersamaan dengan pemenangan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Jadi, di Pileg dan Pilpres 2024 nanti, wajib ‘ain, PKB Jakarta harus menang, dan Anies-Muhaimin terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden,” tegas caleg DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Jakarta Timur ini.

Namun, Hasbiallah enggan mengungkap secara rinci tentang strategi pemenangan yang akan dilakukan di ibu kota. Dia men­egaskan, pihaknya sudah mewa­jibkan seluruh caleg untuk bekerja all out, serta turut memasang gam­bar Anies-Muhaimin saat berkam­panye di dapil masing-masing.

Baca juga : Serap Aspirasi, Ganjar Blusukan Ke Pasar Kranggan, Bekasi

“Semua caleg dan kader PKB di Jakarta, wajib memenangkan pasangan Anies-Muhaimin. Mereka juga telah diwajibkan untuk memasang gambar Anies-Muhaimin di semua Alat Peraga Kampanye (APK) di Pileg 2024,” jelas Ketua Fraksi PKB di DPRD DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB, Hasanudin Wahid mengatakan, PKB menargetkan 100 kursi DPR, 500 DPRD Provinsi, serta 3.000 kursi DPRD tingkat Kabupaten dan Kota di Pileg 2024. Dia opti­mis, pihaknya dapat meraih target tersebut, karena sejumlah indika­tor menunjukan trend positif.

“Salah satu indikatornya, tingkat elektabilitas PKB menunjukan peningkatan diberbagai hasil jajak pendapat yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Indikator positif ini perlu kita jaga, agar mesin partai tetap panas,” ujar Hasanudin.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan BBM Dan LPG Sepanjang Nataru

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 22/12/2023 dengan judul Kawal Aspirasi Warga Jakarta, PKB Mau Loloskan 2 Kader Ke Senayan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.