Dark/Light Mode

Debat Cawapres, Gibran Berhasil Yakinkan Pemilih Yang Sempat Ragu

Sabtu, 23 Desember 2023 16:03 WIB
Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro. (Foto : ist)
Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan aksi cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat perdana cawapres berhasil menarik hati publik dan yakinkan pemilih yang sebelumnya meragu.

Menurut Bawono penampilan Gibran di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12) telah membalikkan berbagai penilaian pemilih yang sebelumnya ragu atau underestimate terhadap wali kota Solo itu.

“Gibran menerima saat diremehkan, juga menerima dengan lapang dada saat dinilai underestimate oleh sejumlah pihak. Melalui debat tadi malam, Gibran membalikkan berbagai penilaian underestimate tersebut,” jelas Bawono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/12).

Baca juga : Partai Garuda: Gibran Unggul Debat, Tak Ada Yang Perlu Diperdebatkan

Bawono menilai saat debat Gibran sangat tenang dan tidak bertele-tele saat memaparkan visi serta misi paslon nomor urut 2, khususnya sejumlah hal yang akan disasar serta dicapai di bidang ekonomi selama lima tahun ke depan. 

Dengan penampilan yang artikulatif, kata Bawono, wajar apabila masyarakat, khususnya warganet di media sosial terkejut (surprise) karena selama ini Gibran dikenal sebagai sosok yang irit bicara.

“Penampilan Gibran Rakabuming dalam mengemukakan gagasan dan visi-misi di debat tadi malam bisa dikatakan cukup mengejutkan karena sangat artikulatif. Padahal selama ini ia dikenal sebagai figur yang irit bicara dan cenderung pendiam,” ungkap Bawono.

Baca juga : Setelah Debat Cawapres, TKN Makin Yakin, Prabowo-Gibran Bisa Menang Satu Putaran

“Karena itu wajar saja bila netizen di media sosial merasa surprise dalam merespons performa Gibran,” pungkasnya.

Sementara itu, data Drone Emprit bertajuk 'Analisis Debat Cawapres' turut memuat persentase sentimen warganet di Twitter terhadap ketiga cawapres.

Usai debat tadi malam menunjukkan, Gibran mendapat sentimen positif sebesar 70%, sementara cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, masing-masing hanya mendapatkan 48% serta 69%.

Baca juga : Debat Cawapres, Gibran Heran Cak Imin Ikut Resmikan IKN Tapi Sekarang Tolak IKN

Data yang sama juga menunjukkan bahwa 2 emotion analysis yang paling dominan dari warganet terhadap Gibran adalah surprise (terkejut) dengan angka 775, serta trust (percaya) yang berada pada angka 824.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.