Dark/Light Mode

Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi, Tembus 43,7 Persen

Rabu, 27 Desember 2023 15:32 WIB
Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi, Tembus 43,7 Persen

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Nasional: Peta Pilpres Terkini Pasca Debat Calon Presiden yang dipublikasikan Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang dipublikasikan pada Rabu (27/12/2023), menempatkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres, jika hajatan demokrasi lima tahunan digelar pada hari ini. Elektabilitasnya mencapai 43,7 persen. Jauh mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (26,1 persen) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (19,4 persen).

Ada 6,4 persen yang merahasiakan jagoannya atau belum menentukan pilihan. Sedangkan 4,5 persen lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas, Tembus 46,7 Persen, Pilpres 2 Putaran

"Ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung," kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Survei CSIS ini dijalankan pada 13-18 Desember 2023, dengan melibatkan 1.300 orang sampel, yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.
Margin of error survei ini ada di angka +/- 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Buntuti Prabowo-Gibran

Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner, oleh enumerator yang telah mendapatkan pelatihan sebelum survei dimulai.

Kendali mutu dilakukan secara berlapis. Mulai dari proses rekrutmen, pelaksanaan training enumerator, pengumpulan data, spotcheck lapangan, hingga validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data (calf-dack).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.