Dark/Light Mode

Survei Indikator

Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas, Tembus 46,7 Persen, Pilpres 2 Putaran

Selasa, 26 Desember 2023 16:55 WIB
Infografis elektabilitas Capres-Cawapres temuan Survei Indikator 24-25 Desember 2023. (Foto: Ist)
Infografis elektabilitas Capres-Cawapres temuan Survei Indikator 24-25 Desember 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas paslon Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran unggul atas dua pasangan calon lainnya.

Survei ini digelar pada 23-24 Desember 2023 atau setelah debat cawapres kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 lalu. Survei melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak.

Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara yang sudah profesional. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Buntuti Prabowo-Gibran

Para responden survei ditanyakan 'jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara nama pasangan berikut ini?'. Berdasarkan jawaban para responden, pasangan Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Berikut ini hasilnya:

Prabowo-Gibran 46,7 persen
Ganjar-Mahfud 24,5 persen
Anies-Cak Imin 21 persen

Baca juga : Survei Indikator, Elektabilitas PSI Naik 200 Persen dalam Dua Bulan

Direktur Indikator Parameter Politik Indonesia lantas membahas hasil survei tersebut. Dia menyoroti secara khusus hasil survei Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin yang masih berada pada margin of error.

"Peringkat kedua dan ketiga dalam margin of error, saya ingatkan sekali lagi 2,9 persen margin of error kami, jadi kami tidak tahu siapa yang unggul antara Ganjar atau Anies, jadi jika tidak terjadi 1 putaran, misteri Tuhan, selain jodoh dan kematian, siapa pendamping Prabowo-Gibran di putaran kedua," kata Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan survei, Selasa (26/12/2023).

Dia menegaskan belum bisa tebak sampai sekarang siapa yang akan tanding melawan Prabowo-Gibran di putaran kedua. Keduanya, kata dia, punya peluang yang sama.

Baca juga : Aktivitas Penerbangan Meningkat, Penumpang Bandara Soetta Tembus 1 Juta Orang

"Kami tidak bisa menebak sampai hari ini, bisa Ganjar, bisa Anies, tapi peluang keduanya masih teruka seandainya Prabowo-Gibran gagal meraih 50 persen plus 1 persen,” tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.