Dark/Light Mode

Survei CPCS

Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit Hingga 51,7 Persen Pada Desember

Jumat, 22 Desember 2023 17:25 WIB
Temuan survei Center for Political Communication Studies CPCS menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran bertahan di atas 50 persen. (Foto: Ist)
Temuan survei Center for Political Communication Studies CPCS menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran bertahan di atas 50 persen. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Temuan survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran bertahan di atas 50 persen, dalam simulasi tiga pasang capres-cawapres. Pada Oktober masih 46,2 persen, naik menjadi 50,3 persen (November) dan kini mencapai 51,7 persen.

Elektabilitas Anies-Cak Imin mencapai 21,8 persen, terpaut tipis dari Ganjar-Mahfud sebesar 21,3 persen. Anies-Cak Imin mengalami tren peningkatan elektabilitas dari 15,8 persen pada Oktober, sedangkan Ganjar-Mahfud melorot tajam dari sebelumnya menyentuh 30,6 persen.

Baca juga : Elektabilitas Partai Gerindra Melejit, Tembus 19,0 Persen Berpotensi Kuasai DPR

“Prabowo-Gibran diperkirakan bakal memenangkan Pilpres dalam satu putaran,” ungkap peneliti senior CPCS Hatta Binhudi dalam press release di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Menurut Hatta, elektabilitas Prabowo-Gibran yang menjulang lebih dari 50 persen dan berjarak sangat jauh dari kedua pesaingnya.

Baca juga : Kampanye Menyenangkan, Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik Terus

“Dengan masa kampanye yang sangat pendek, tersisa kurang dari dua bulan lagi, agak sulit bagi Anies-Cak Imin ataupun Ganjar-Mahfud untuk bisa mengejar ketertinggalan dari Prabowo-Gibran yang saat ini unggul jauh,” tandas Hatta.

Kemungkinan yang bakal terjadi, lanjut Hatta, adalah persaingan antara Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud untuk memperebutkan peringkat kedua. “

Baca juga : Prabowo-Gibran Kerek Hak Perlindungan Perempuan, Anak Dan Penyandang Disabilitas

Sejak tampilnya Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi sebagai cawapres Prabowo, kubu Ganjar dan PDIP sebagai partai pengusung utamanya gencar melancarkan serangan baik terhadap keluarga Jokowi maupun pasangan Prabowo-Gibran.

Survei CPCS dilakukan pada 7-14 Desember 2023, dengan jumlah responden 1200 orang mewakili 34 provinsi yang diwawancarai secara tatap muka. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.