Dark/Light Mode

Agus Fatoni Pimpin Deklarasi Netralitas ASN Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sumsel

Kamis, 28 Desember 2023 15:10 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menandatangani naskah deklarasi Netralitas ASN Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel, di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (27/12). (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menandatangani naskah deklarasi Netralitas ASN Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel, di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (27/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memimpin deklarasi secara serentak Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel. Kegiatan ini berlangsung di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (27/12).

Ikrar netralitas ASN dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan SA Supriono diikuti Bupati/Wali Kota se-Sumsel dan secara daring diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Sumsel. Usai pembacaan deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pakta integritas netralitas ASN secara serentak se-Sumsel.

Fatoni mengapresiasi diselenggarakannya deklarasi netralitas yang diikuti 180.751 ASN serentak se-Sumsel. Tak hanya itu, dia juga mengaku bangga atas prestasi Provinsi Sumsel menjadi yang pertama se-Indonesia melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Baca juga : Agus Fatoni Ingatkan Para Camat, Lurah dan Kades Se-Sumsel Fokus ke Program Prioritas

"Beberapa waktu lalu Sumsel mempelopori pelaksanaan penandatangan NPHD serentak dan itu dihadiri langsung Ketua KPU pusat. Ini merupakan keinginan dan komitmen kita bersama yang ingin diwujudkan Sumsel menjadi percontohan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada seluruh Indonesia," ucap Fatoni.

Fatoni juga menegaskan, netralitas ASN pada Pemilu dan Pilkada merupakan kewajiban yang harus dipegang teguh. KPU dan Bawaslu dalam hal ini sebagai penyelenggara pemilu juga harus didukung penuh.

"Bupati, Wali Kota dan seluruh ASN telah berkomitmen menjaga netralitasnya pada Pemilu 2024. Terutama kepada ASN, ini adalah atensi yang harus kita taati dan menjadi komitmen kita bersama," ujarnya.

Baca juga : Fatoni Paparkan Efektivitas Aplikasi Songket Tangani Karhutla di COP 28

Oleh karena itu, Fatoni mengimbau agar Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk terus mendukung agar pesta demokrasi di Sumsel ini berjalan dengan aman, damai dan lancar. Menurutnya, dengan kerja sama yang baik akan mewujudkan Pemilu dan Pilkada 2024 berjalan sukses.

"Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota serta Forkopimda pasti mendukung KPU dan Bawaslu menjalankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada di Sumsel agar berjalan dengan lancar. Dengan kerja bersama kita yakin apa yang kita harapkan membuat Sumsel semakin maju terwujud,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya menyambut baik kegiatan ini. Andika yakin, seluruh ASN di Sumsel mampu bersikap netralitas.

Baca juga : Agus Fatoni Presentasi Keberhasilan Penanganan Karhutla di COP 28

"Ini memberikan keyakinan bagi kami penyelenggara Pemilu bahwa Sumsel siap melaksanakan Pemilu dengan baik. Kami juga yakin ASN di Sumsel menjalankan netralitas," ucapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri para Pj Bupati/Wali Kota se-Sumsel, Ketua Bawaslu Sumsel, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumsel dan para Sekda juga ASN di 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel secara virtual.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.