Dark/Light Mode

Pj Gubernur Agus Fatoni Tandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Sumsel

Sabtu, 9 Desember 2023 20:46 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2024, di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Jumat (8/12).
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2024, di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Jumat (8/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2024, di Asrama Haji Palembang, Sumsel, Jumat (8/12). Deklarasi tersebut juga ditandatangani perwakilan parpol dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Selanjutnya, dilakukan pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 oleh Ketua Tim Pelaksana Kampanye pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, 2 dan 3 serta para Ketua DPD/DPW Parpol yang disaksikan Pj Gubernur dan Forkopimda Sumsel. 

Agus Fatoni berharap, penyelenggaraan Pemilu dan Pikada 2024 di Sumsel dapat berjalan dengan aman, nyaman, damai dan suksses. Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan pentingnya komitmen seluruh pihak dalam menciptakan pemilu damai di Sumsel.

Baca juga : Sahabat Ganjar Tebar Semangat Perdamaian Pilpres 2024 Di Banyumas

“Kegiatan Deklarasi Damai Pemilihan Umum Tahun 2024 ini merupakan wujud, tekad, dan juga cita-cita kita bersama agar pemilu 2024 dilaksanakan dengan aman, nyaman, damai dan sukses,” ucap Fatoni, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (9/12).

Fatoni bersyukur, hingga saat ini, Sulsel tetap kondusif, aman, dan damai. Masyarakatnya juga penuh kehangatan. Oleh karena itu, dia berharap, nantinya seluruh masyarakat dapat berkontribusi mewujudkan Pemilu damai.

“Pemilu damai merupakan harapan kita. Semua itu dapat terwujud kalau kita memiliki persepsi yang sama. Dengan menjauhi praktik atau kegiatan yang menjurus menghasut fitnah serta tindakan ujaran kebencian,” kata Fatoni.

Baca juga : Persiapan Pemilu Molor

Fatoni optimis, Sumsel dapat mewujudkan Pemilu damai tersebut. Dia mengajak jajaran TNI, Polri, ASN dan seluruh masyarakat Sumsel untuk menahan diri dalam bermedia sosial sehingga tidak akan termakan hoaks, ujaran kebencian, dan provokasi.

“Khusus ASN, tetap punya hak untuk memilih, tetapi tidak boleh terlibat politik praktis,” tegasnya.

Komitmen Pemprov Sumsel mewujudkan Pemilu damai juga ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) secara serentak pada 9 November 2023. Bahkan, Sumsel menjadi yang pertama se-Indonesia menandatangani NPHD Pemilu.

Baca juga : Perayaan Natal Parlemen Bawa Pesan Damai Di Pemilu 2024

“Saya yakin, dengan kekompakan dan tekad kuat, harapan masyarakat dapat diwujudkan bersama. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, meridhai, mewujudkan Pemilu damai di Sumsel,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.