Dark/Light Mode

Survei LSI

Ini 5 Partai Paling Banyak Dicoblos Di Jatim, Nomor 1 PDI Perjuangan

Jumat, 5 Januari 2024 15:35 WIB
Survei LSI Ini 5 Partai Paling Banyak Dicoblos Di Jatim, Nomor 1 PDI Perjuangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei terkini Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Jumat (5/1/2024) menempatkan PDI Perjuangan (PDIP) sebagai partai yang paling banyak dicoblos di Jawa Timur (Jatim), jika pemilihan anggota DPR RI digelar pada hari ini.

PDIP memimpin dengan elektabilitas 22,5 persen. Disusul PKB (19,8 persen), Gerindra (16,9 persen), Golkar (7,2 persen), dan Demokrat (4,6 persen) dalam kelompok lima besar.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang Banyak Di Jatim, Unggul 53,8 Persen Di Wilayah Tapal Kuda

Bertahtanya PDIP dan PKB di jajaran teratas, terhitung lumrah. Mengingat kedua partai memiliki riwayat menang dalam Pemilu Legislatif di Jatim.

Perlu diketahui, Jatim  provinsi dengan populasi pemilih terbesar kedua, setelah Jawa Barat (Jabar). Jumlah pemilih di wilayah ini mencapai lebih dari 31,4 juta.

Baca juga : Surat Suara Sudah Dicoblos di Taipei, Drama atau Beneran

Jawa Timur adalah salah satu dari tiga wilayah kunci dalam kompetisi pemilu, baik untuk pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif. Selain itu, dalam dua pemilu terakhir (2014 dan 2019), Jatim menjadi barometer kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Yang menang di Jawa Timur dalam dua pemilu tersebut, adalah juga pemenang di tingkat nasional. 

Survei LSI yang dijalankan pada 16-28 Desember 2023, melibatkan 8.800 responden. Di setiap dapil DPR RI di Jatim, diambil sampel sebanyak 800 orang dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Baca juga : Debat Cawapres, Rapor Gibran Paling Kinclong

Total sampel tersebut memiliki toleransi kesalahan (margin of error) ±1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling.

Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara terlatih. Kendali mutu hasil wawancara, dilakukan secara random terhadap 20 persen dari total sampel oleh supervisor lapangan, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali mutu ini, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.