Dark/Light Mode

Survei LSI

Prabowo-Gibran Menang Banyak Di Jatim, Unggul 53,8 Persen Di Wilayah Tapal Kuda

Jumat, 5 Januari 2024 13:24 WIB
Paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Jumat (5/1/2024), mengunggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai paslon yang meraih elektabilitas tertinggi di Jawa Timur. Khususnya di wilayah Tapal Kuda. Di wilayah tersebut, Prabowo-Gibran unggul 53,8 persen.

Dibuntuti Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan angka 18,4 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,1 persen. Berikut rinciannya:

Paslon 01 Anies-Muhaimin

  • Tapal Kuda (16,1)
  • Mataraman (10,4)
  • Arek (14,7)
  • Madura (42,3)

Paslon 02 Prabowo-Gibran

  • Tapal Kuda (53,8)
  • Mataraman (49,6)
  • Arek (43,6)
  • Madura (33,3)

Paslon 03 Ganjar-Mahfud 

  • Tapal Kuda (18,4)
  • Mataraman (31,8)
  • Arek (29,5)
  • Madura (14,9)

Untuk diketahui, wilayah Tapal Kuda meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, dan Situbondo.

Mataraman mencakup Blitar, Kota Blitar, Bojonegoro, Kediri, Kota Kediri, Kota Lamongan, Madiun, Kota Madiun, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tuban, dan Tulungagung.

Baca juga : Survei LSN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Nyaris 50 Persen

Arek meliputi Gresik, Jombang, Kota Batu, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Malang, Mojokerto, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Sedangkan Madura terdiri dari Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Terbesar Kedua

Jawa Timur adalah provinsi dengan populasi pemilih terbesar kedua setelah Jawa Barat. Jumlah pemilih di wilayah ini mencapai lebih dari 31,4 juta.

Jawa Timur adalah salah satu dari tiga wilayah kunci dalam kompetisi pemilu, baik untuk pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Di Jakarta Besok, BMKG Rilis Peringatan Dini Untuk 3 Wilayah Ini

Dalam dua pemilu terakhir (2014 dan 2019), Jawa Timur menjadi barometer kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Yang menang di Jawa Timur selama dua pemilu tersebut, juga tercatat sebagai pemenang di tingkat nasional.

Survei LSI yang dijalankan pada 16-28 Desember 2023, melibatkan 8.800 responden. Dari setiap dapil DPR RI di Jawa Timur, diambil sampel sebanyak 800 orang dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Total sample tersebut mengambil toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling.

Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di tiap Dapil Jawa Timur yang terdistribusi.

Baca juga : TKD DIY Siap Raup 70 Persen Nih...

Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara terlatih. Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random, pada 20 persen dari total sampel oleh supervisor lapangan dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali mutu ini, tidak ditemukan kesalahan berarti.

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.