Dark/Light Mode

Survei Indometer

Pencapresan Prabowo Dongkrak Elektabilitas Gerindra, Tembus 18,5 persen

Sabtu, 16 Desember 2023 06:02 WIB
Infografis elektabilitas Partai Politik temuan Survei Indometer. (Foto: Ist)
Infografis elektabilitas Partai Politik temuan Survei Indometer. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Temuan survei yang dilakukan INDOMETER menunjukkan elektabilitas Gerindra naik tipis menjadi 18,5 persen, PDI Perjuangan sebesar 16,6 persen. Golkar yang selama ini berada pada peringkat ketiga pelan-pelan mulai naik elektabilitasnya dan kini menembus 10,8 persen.

“Gerindra tetap unggul, PDI Perjuangan yang juga dibayang-bayangi oleh naiknya elektabilitas Golkar,” ungkap Direktur Eksekutif lembaga survei INDOMETER Leonard SB dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, pada Sabtu (16/12/2023).

Baca juga : Kepuasan Terjaga Di Atas 80 Persen, Publik Dukung Keberlanjutan Jokowi

Menurut Leonard, melejitnya elektabilitas Gerindra tidak lepas dari coattail effect yang dinikmati dari menguatnya Prabowo dalam kontestasi Pilpres.

“Partai utama pengusung Prabowo-Gibran itu paling berhasil mendapatkan berkah elektoral dan menguat signifikan,” tandas Leonard.

Baca juga : Praka Yakin Prabowo-Gibran Elektabilitasnya Naik Jadi 51 Persen

Pada urutan berikutnya ada PKB (7,5 persen), Demokrat (6,8 persen), PSI (6,5 persen), dan PKS (4,1 persen). Di bawah ambang batas parlemen ada PAN (3,2 persen), Nasdem (2,5 persen), PPP (2,0 persen), Perindo (1,5 persen), dan Gelora (1,4 persen).

“Kenaikan juga dialami oleh PAN yang masuk Koalisi Indonesia Maju (KIM), sedangkan PPP di kubu Ganjar-Mahfud menurun elektabilitasnya,” papar Leonard. Berikutnya di papan bawah ada PBB (0,8 persen), Ummat (0,5 persen), dan Hanura (0,4 persen).

Baca juga : Penampilan Debat Perdana Diprediksi Dongkrak Elektabilitas Prabowo-Gibran

Selanjutnya Garuda (0,2 persen), PKN (0,1 persen), dan Buruh (0,0 persen), dan sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebanyak 16,6 persen. “Tersisa waktu dua bulan menuju pencoblosan bagi partai-partai untuk menjalankan strategi kampanye,” pungkas Leonard.

Survei INDOMETER dilakukan pada 1-7 Desember 2023 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia, yang dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling). Margin of error survei sebesar ±2,98 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.