Dark/Light Mode

Survei Indikator

Debat Cawapres, Rapor Gibran Paling Kinclong

Selasa, 26 Desember 2023 18:49 WIB
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: YouTube)
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada hari ini, Selasa (26/12/2023), mengukuhkan Gibran Rakabuming Raka, sebagai cawapres yang tampil paling baik dalam acara debat. Rapornya paling bagus.

Dari total 35,9 persen responden yang menyaksikan debat, sebanyak 42,9 persen menjagokan Gibran sebagai cawapres yang paling bagus program kerjanya. Diikuti Mahfud MD (25,3 persen) dan Muhaimin Iskandar (19,7 persen).

Sebanyak 45,8 persen mengunggulkan Gibran sebagai cawapres yang memiliki cara paling bagus dalam menyampaikan pendapat atau gagasannya. Sedangkan dukungan untuk Mahfud dan Muhaimin dalam konteks ini, masing-masing berada di angka 30,2 persen dan 13,9 persen.

Baca juga : Survei Indikator: Anies Paling Joss Sampaikan Gagasan, Progja Prabowo Terbaik

Terkait hal tersebut, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, secara agregat, acara debat tidak terlalu banyak mengubah peta elektoral capres-cawapres.

Distribusi dukungan terhadap pasangan capres-cawapres tidak mengalami perubahan yang signifikan, dibanding sebelum acara debat.

Burhan menjelaskan, dukungan pada Anies-Muhaimin lebih tinggi di kelompok yang menyaksikan debat cawapres. Begitu juga dukungan terhadap Ganjar-Mahfud.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Dinilai Paling Siap Lanjutkan Jokowi-Maruf

Sementara dukungan terhadap Prabowo-Gibran, tampak tidak berbeda pada kelompok yang menonton atau tidak menonton acara debat.

"Bisa diartikan, debat memiliki efek elektoral signifikan karena pemilih Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud cenderung menonton debat, ketimbang pemilih Prabowo-Gibran,” tutur Burhan.

Survei Indikator ini dijalankan pada tanggal 23-24 Desember 2023, dengan melibatkan 1.217 responden, yang dipilih melalui kombinasi metode random digit dialing (RDD) (265 responden) dan double sampling (DS) (952 responden).

Baca juga : Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas, Tembus 46,7 Persen, Pilpres 2 Putaran

RDD adalah proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sedangkan DS adalah pengambilan sample secara acak, dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Margin of error survei diperkirakan berada di angka 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon, oleh pewawancara yang sudah terlatih dan profesional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.