Dark/Light Mode

Hasil Survei Indikator X Liputan 6 SCTV

Prabowo-Gibran di Pucuk, Anies-Imin Salip Ganjar Mahfud

Sabtu, 6 Januari 2024 22:43 WIB
Dialog hasil survei Pilpres terbaru yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia bekerja sama dengan Liputan 6 SCTV, Sabtu (6/1). (Foto: YouTube/Liputan6)
Dialog hasil survei Pilpres terbaru yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia bekerja sama dengan Liputan 6 SCTV, Sabtu (6/1). (Foto: YouTube/Liputan6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Pilpres 2024 terbaru Indikator Politik Indonesia bekerja sama dengan Liputan 6 SCTV menempatkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di posisi teratas. Pasangan nomor urut dua ini berada cukup jauh dari dua rivalnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang bersaing ketat. 

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, survei yang dilakukan akhir Desember 2023 ini menunjukkan dinamika elektoral pasangan calon (paslon). 

“Secara umum Prabowo masih unggul tapi belum mencapai 50 persen +1, bahkan kalau kita lihat data tren ini elektabilitas Prabowo sudah mengalami stagnasi, 45-46 selama satu setengah bulan terakhir,” kata Burhanuddin dalam paparannya. 

Baca juga : Prabowo Sangat Siap, Anies-Ganjar Dilatih Jenderal

Nah yang menarik dari hasil survei ini, lanjut dia, justru perebutan di peringkat kedua. Dalam survei ini menunjukkan ada perubahan peringkat pada kedua. Dimana dalam survei-survei sebelumnya, paslon Anies-Muhaimin (Amin) selalu di posisi ketiga.

“Jadi ini ada gerakan, dimana Amin mulai merangkak naik, menyalip Ganjar meskipun secara statistik tidak signifikan angkanya,” ujarnya.  

Dalam simulasi tiga pasangan nama, hasil survei Indikator X Liputan 6 SCTV ini menunjukkan, Prabowo-Gibran meraup 46,9 persen, Anies-Muhaimin memperoleh 23,2 persen, Ganjar-Mahfud mendapatkan 22,2 persen dan tidak tahu/tidak jawab sebesar 7,6 persen.

Baca juga : Hasil Survei LSI Capres 2024 Terbaru: Prabowo Potensi Lawan Ganjar Di Putaran 2

Untuk tren kedisukaan terhadap calon presiden (capres), Prabowo memperoleh 81,4 persen, Ganjar mendapatkan 69,7 dan Anies meraih 69,0 persen. Sedangkan untuk tren kedisukaan terhadap calon wakil presiden (cawapres), Gibran 75,9 persen, Mahfud MD 72,8 persen dan Muhaimin 57,9 persen.

Apakah keunggulan paslon ini pengaruh dari hasil debat capres dan cawapres? Burhanuddin bilang, jika dilihat dari data survei, secara statistik efek debat capres-cawapres tidak terlalu signifikan. Namun dalam konteks dua hal, debat menjadi krusial. 

“Satu, apakah Prabowo mampu satu putaran atau tidak? Kedua, kalau terjadi putaran kedua, siapa yang menemani Prabowo? Di situ debat menjadi penting meskipun efeknya mungkin antara 5-10 persen, tapi sangat konsensual,” bebernya.

Baca juga : Pilpres 2 Putaran, Ganjar-Mahfud Menang Lawan Prabowo-Gibran Dan Anies-Imin

Ketika paslon peringkat satu dan dua dalam survei ini diadu, hasilnya: Prabowo-Gibran meraih 59 persen, Anies-Muhaimin 28,4 persen dan tidak tahu/tidak jawab 12,7 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.