Dark/Light Mode

Survei Pilpres Berubah-ubah

Prabowo Masih Di Puncak, Ganjar-Anies Salip-salipan

Kamis, 28 Desember 2023 08:39 WIB
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta kekuatan 3 pasangan Capres-Cawapres masih berubah-ubah terutama terkait posisi dua dan tiga. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan kini salip-salipan, sementara Prabowo Subianto masih bertengger di puncak, meski angkanya belum nyampe 50 persen.

Pasca debat Capres-Cawapres sesi 2, sejumlah lembaga survei mulai keluarkan hasil riset terbarunya. Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres yang menempati posisi runner up berbeda-beda. Terbaru, hasil survei yang dikeluarkan Center for Strategic and International Studies (CSIS). Dalam survei CSIS ini, Prabowo-Gibran tetap perkasa di urutan teratas. Sementara di posisi kedua dan ketiga, Anies-Imin berhasil nyalip Ganjar-Mahfud.

Baca juga : Anies Ke Pasar Kalbar, Prabowo Ngopi Di Aceh, Ganjar Ke Pengrajin Batik

“Ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung,” kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Adapun survei CSIS ini dijalankan pada 13-18 Desember 2023, dengan melibatkan 1.300 orang sampel, yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini ada di angka +/- 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Prabowo Ngaku Utang Budi Sama Warga Aceh

Dalam survei tersebut, elektabilitas Prabowo-Gibran menembus angka 43,7 persen. Sedangkan di posisi kedua, di tempati AMIN yang memperoleh 26,1 persen. Sementara Ganjar-Mahfud terjun bebas ke posisi terakhir dengan perolehan 19,4 persen.

Sementara ada 6,4 persen yang masih merahasiakan jagoannya atau belum menentukan pilihan. Sedangkan 4,5 persen lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca juga : Prabowo Main Air Di Kuningan, Ganjar Ngurus Nelayan

Survei CSIS ini sedikit berbeda dengan riset terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI). Lembaga survei besutan Burhanuddin Muhtadi itu menjagokan Ganjar-Mahfud di posisi kedua. Sedangkan AMIN di urutan buncit. Prabowo-Gibran, tak terkalahkan. Meski unggul, tapi elektabilitas Prabowo-Gibran masih kurang dari 50 persen +1.

Pasangan calon yang diusung Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat itu berhasil mendulang suara sebanyak 46,7 persen. Sedangkan Ganjar-Mahfud meraih 24,5 persen dan AMIN mendapat 21 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.