Dark/Light Mode

Soal Kerja Sama Selatan-Selatan

Ganjar Ingin Tuntaskan Optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam

Minggu, 7 Januari 2024 22:20 WIB
Foto: YouTube KPU RI
Foto: YouTube KPU RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi potensi Indonesia, salah satunya sumber daya alam (SDA), untuk memperkuat kondisi perekonomian negara Selatan dalam kerja sama Selatan-Selatan (KSS).

Hal itu disampaikan Ganjar pada saat debat ketiga Pilpres 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

KSS adalah skema kerja sama antar negara berkembang yang dilakukan melalui berbagai hubungan bilateral dan multilateral secara mutual untuk menghasilkan solusi bersama bagi pembangunan negara Selatan.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Bikin Warga Setiling Lombok Bahagia

Ganjar mengatakan, pemerintah ke depan harus memperhatikan penguatan peran Indonesia dalam KSS untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas. Salah satunya, melalui optimalisasi SDA yang dimiliki.

Selain itu, memperkuat diplomasi luar negeri bebas aktif, pengembangan inklusivitas kemitraan dengan negara lain, serta penguatan kelembagaan penjuru bagi kerja sama pembangunan internasional, juga perlu dilakukan.

"Ambil satu saja, teknologi baterai, maka kalaulah kemudian kita akan bekerjasama dengan selatan-selatan nikel kita miliki, tapi bauksit kita bisa share dengan negara yang lain. Ada juga lithium umpama dengan Argentina," jelas Ganjar.

Baca juga : Lewat Internet Gratis Se-Indonesia, Ganjar Minta Gen Z Optimalkan Dunia Digital

Pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah itu optimistis bila SDA Indonesia dikelola dengan baik, maka akan berdampak kepada perekonomian, baik Indonesia maupun negara-negara Selatan.

"Kalau kemudian ini kita konsentrasikan penuh betapa kekuatan ekonomi akan besar ini menciptakan lapangan kerja dan kita menyiapkan jemput bola SDM yang unggul untuk bisa meraih itu dan kekuatan itu akan berimbas kepada rakyat kecil," tutur Gubernur Jawa Tengah dua periode ini. 

"Satu butuh lapangan kerja, dua dia butuh daya beli yang baik, dan yang ketiga mereka butuh pekerjaan karena ada lapangan kerja yang disediakan oleh pemerintah," tutup Ganjar.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Gencarkan Sosialisasi Wujudkan Pemilih Cerdas Dan Kritis

Sebagai informasi, tema debat capres kali ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.