Dark/Light Mode

Anies Hadiri Nikahan di Yogya, Ganjar Ketemu Petani Bawang

Kamis, 11 Januari 2024 08:46 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menghadiri pernikahan pernikahan agung putra Paku Alam X KBPH Prabu Suryadilaga, di Puro Pakualaman, Yogyakarta, Rabu (10/1). (Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menghadiri pernikahan pernikahan agung putra Paku Alam X KBPH Prabu Suryadilaga, di Puro Pakualaman, Yogyakarta, Rabu (10/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendekati hari pencoblosan Pilpres, agenda para Capres di berbagai daerah makin intens. Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menghadiri pernikahan di Yogyakarta, Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, keliling Sumatera, dan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bertemu petani bawang di Jawa Tengah.

Anies menghadiri resepsi pernikahan agung putra Paku Alam X KBPH Prabu Suryadilaga, BPH Kusumo Kunto Nugroho, dan Laily Annisa Kusumastuti, di Puro Pakualaman, Yogyakarta, Rabu (10/1/2024). Anies tiba di lokasi pukul 11.34 WIB bersama dengan istri, Fery Farhati Ganis.

Begitu tiba, keduanya langsung masuk ke dalam Pura Pakualaman untuk mengikuti acara resepsi. Setelah menikmati sajian dan tarian selama prosesi acara, Anies keluar pukul 13.45 WIB.

Anies mengaku punya kedekatan khusus dengan keluarga Paku Alam, karena dulu kakeknya berhubungan baik. Kedekatan itu kian erat saat dirinya sering berinteraksi dengan Prabu Suryadilaga, ketika menjalankan tugas pemerintahan daerah masing-masing.

Anies mendoakan agar kedua mempelai menjadi pasangan bahagia. Tak lupa, Anies bersyukur bisa hadir menyaksikan secara langsung prosesi pernikahan agung yang mencerminkan tingginya nilai budaya Jawa. Ia berharap, tradisi ini terus dikembangkan dan dijaga.

Baca juga : Indef Dukung Ganjar Mau Kembalikan Bekraf

"Ini sebuah peristiwa yang tidak saja menggabungkan dua pribadi tapi juga sebuah peristiwa kebudayaan yang sarat dengan nilai-nilai yang amat luhur," ujarnya.

Sedangkan, Prabowo berkeliling Sumatera, Selasa (9/1/2024). Dalam sehari, Prabowo mengunjungi tiga provinsi.

Lokasi pertama yang didatanginya adalah Gelanggang Remaja Pekanbaru, Riau. Di sana Ketua Umum Partai Gerindra ini menghadiri 'Konsolidasi Relawan Prabowo-Gibran Provinsi Riau'.

Beres acara, Prabowo melanjutkan perjalanan kampanye ke Jambi untuk menghadiri acara 'Silaturahmi & Deklarasi DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Jambi' yang digelar di Abadi Convention Center (ACC), Jambi. Pujakesuma adalah singkatan Putra Jawa Kelahiran Sumatera, organisasi ini telah berusia 42 tahun dan tersebar di 21 provinsi.

Terakhir, Prabowo kampanye di Sumatera Selatan. Di sana, Eks Danjen Kopassus ini menghadiri silaturahmi nasional 2024 bersama Jaringan Santri Indonesia (JSI) di Kecamatan Gandus, Kota Palembang.

Baca juga : Ganjar Serap Aspirasi Petani Bawang Brebes

Di tiga lokasi kampanye, Prabowo selalu mendapat sambutan meriah dari masyarakat maupun simpatisan partainya. Mendapat sambutan meriah dari pendukungnya, Prabowo tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih. 

"Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Saya merasakan saudara-saudara percaya sama Prabowo-Gibran. Saya merasakan betapa besar harapanmu kepada saya dan Gibran,” katanya.

Kamis (11/1/2024) Prabowo bakal melanjutkan kampanyenya di Bengkulu dan Lampung. Setelah itu, terbang ke Bangka Belitung.

Sementara, Ganjar Pranowo berkunjung ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk menemui petani bawang, Rabu (10/1/2024). Ganjar tiba di lokasi siang hari, setelah hadir dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di Brebes, Ganjar tanpa ragu terjun ke sawah dan melihat hasil panen para petani. Ia lalu mendengar keluhan para petani secara langsung, salah satunya terkait kelangkaan pupuk bersubsidi.

Baca juga : Permudah Akses Warga, Orang Muda Ganjar Lakukan Perbaikan Jalan Desa Tonasa

Menurut Ganjar, hal itu disebabkan jumlah subsidi yang dikurangi sejak beberapa tahun lalu. Makanya di beberapa daerah seperti Sumatera, Lampung, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur (NTT), petani mengeluhkan hal serupa. Ia berjanji tidak akan mengurangi jumlah subsidi pupuk jika terpilih menjadi Presiden 2024-2029. “Nanti akan ditambah kira-kira Rp 14 triliun, tapi nanti,” ujarnya.

Ganjar juga menyinggung program KTP Sakti yang bakal jadi acuan Pemerintah menyalurkan pupuk bersubsidi. Nantinya, hanya petani yang menggarap lahan di bawah 2 hektar yang berhak mendapatkan pupuk subsidi.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini juga menekankan pentingnya air irigasi dan BBM untuk petani. Termasuk menyoroti keberadaan tengkulak yang mempengaruhi harga bawang. “Tadi ada usulan pasar, ya kita hidupkan kembali pasar itu untuk antisipasi adanya tengkulak,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (11/1), dengan judul “Anies Hadiri Nikahan di Yogya, Ganjar Ketemu Petani Bawang”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.