Dark/Light Mode

Survei SPIN: Gerindra Unggul Peringkat Pertama Capai 21,1 Persen, Salip PDIP

Senin, 15 Januari 2024 16:54 WIB
Konsolidasi akbar Partai Gerindra, di Jakarta Timur, 26 Agustus 2023. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Konsolidasi akbar Partai Gerindra, di Jakarta Timur, 26 Agustus 2023. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Partai Gerindra, besutan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, unggul menyalip posisi PDIP dalam hasil survei dari Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang dirilis, Senin (15/1). Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menerangkan, elektabilitas Gerindra naik berkat adanya coattail effect dari Prabowo Capres.

“Tampaknya Gerindra menikmati betul coattail effect dari pencalonan Prabowo. Sementara PDIP tidak mendapatkannya mengingat perolehan suara dukungan parpol masih sama dengan perolehan suara PDIP 2019,” papar Igor.

Baca juga : Survei Indikator: Gerindra Kembali Salip PDIP

Partai Gerindra berhasil mematahkan dominasi PDIP dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Target PDIP untuk dapat menang Pemilu untuk ketiga kalinya akan hilang.

“Jika pemilihan dilaksanakan hari ini, sebanyak 21,1 persen responden memilih Partai Gerindra. Sementara PDIP menduduki posisi urutan kedua dengan 19,7 persen,” jelas Igor.

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 46,9 Persen, Peluang Menang Satu Putaran

Bila capaian ini bertahan sampai Pemilu 2024, akan menjadi pencapaian tertinggi Partai Gerindra.

Survei SPIN dilakukan pada periode 8-14 Januari 2024 dengan menggunakan teknik multistage random sampling yang tersebar secara proporsional pada 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga : Survei Indikator: Gibran Menang Telak Di Debat Cawapres

Total sampe yang digunakan pada survei kali ini berjumlah 2.178 responden dengan margin of error (MoE) level of confidence plus minus 2,1 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.