Dark/Light Mode

2 Bulan Beroperasi Komersil

Tingkat Ketepatan Waktu KA Cepat Whoosh Nyaris 100 Persen

Rabu, 20 Desember 2023 08:57 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wamen BUMN Rosan Perkasa Roeslani, Dirut PT Kereta Cepat Indonesia China KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyiram air saat launching Penjualan Tiket Whoosh di Aplikasi Mobile di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung KCJB, Jakarta Timur, (Selasa 17/10/2023). (Foto:  Dwi Pambudo)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wamen BUMN Rosan Perkasa Roeslani, Dirut PT Kereta Cepat Indonesia China KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyiram air saat launching Penjualan Tiket Whoosh di Aplikasi Mobile di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung KCJB, Jakarta Timur, (Selasa 17/10/2023). (Foto: Dwi Pambudo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tepat 2 bulan beroperasi resmi secara komersil, KCIC selaku operator Kereta Cepat Whoosh mencatatkan terdapat total 1.869 perjalanan kereta cepat Whoosh sejak 17 Oktober hingga 17 Desember 2023.

Dari ratusan perjalanan kereta cepat Whoosh ini, tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,9 persen dengan rata-rata kelambatan pemberangkatan dari Stasiun awal hanya 0,1 detik saja. Untuk kedatangan, ketepatan waktunya juga cukup baik dengan mencapai 95 persen dari keseluruhan perjalanan.

GM Corporate Seceretary KCIC, Eva Chairunisa menyebutkan perjalanan kereta cepat Whoosh sejak resmi beroperasi pada 17 Oktober 2023 secara keseluruhan berjalan dengan baik. Kereta Cepat Whoosh tidak hanya mempersingkat waktu perjalanan tapi juga dan memiliki ketepatan waktu perjalanan yang sangat baik. 

Baca juga : Ganjar Komit Wujudkan Kesejahteraan dan Jamkes Di Pesantren

"Whoosh, sebagai Kereta Cepat Pertama di Indonesia, ini memperkuat komitmennya untuk memberikan pengalaman transportasi yang andal dan efisien kepada penumpang. Pencapaian ini menunjukkan dampak transformatif dari kehadiran Kereta Cepat, yang menawarkan manfaat tak tertandingi bagi para penumpang dan menetapkan tolak ukur baru dalam hal ketepatan waktu di transportasi Indonesia," ujar Eva. 

Eva menyebutkan, ketepatan waktu pemberangkatan menjadi salah satu hal penting khususnya ditengah volume penumpang Whoosh yang terus meningkat, 2 bulan beroperasi komersil sejak 17 Oktober 2023 hingga 17 Desember 2023 kereta cepat Whoosh telah mengangkut sebanyak 881 ribu penumpang. Rekor jumlah penumpang terbanyak terjadi pada 19 November 2023 dengan total 21.537 penumpang per hari.

KCIC akan terus mengevaluasi berbagai hal yang terkait operasional, keselamatan, dan keamanan Kereta Cepat Whoosh untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh yang terus dapat diandalkan. 

Baca juga : Mahfud: Tingkat Kepuasan Bidang Polhukam Capai 79 Persen

Dengan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan tersebut memungkinkan penumpang merencanakan perjalanan mereka dengan percaya diri dan tepat. 

Penumpang dapat mengandalkan Kereta Cepat Whoosh untuk pengalaman perjalanan yang konsisten dan dapat diandalkan, mengurangi ketidakpastian terkait penundaan, dan memastikan perjalanan antar kota yang mulus. 

Beberapa faktor yang menjadikan kereta cepat whoosh dapat mencapai ketepatan waktu 99 persen adalah penggunaan teknologi kereta cepat paling canggih dan infrastruktur yang memiliki standar yang tinggi. 

Baca juga : Keterbukaan Informasi Pemprov Tingkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Demokrasi

Hal tersebut meminimalkan risiko masalah teknis yang dapat menyebabkan penundaan. Adapun SDM profesional yang mengatur pola operasi kereta cepat memungkinkan penjadwalan, pengaturan, dan monitoring perjalanan KA yang efisien untuk meminimalisasi gangguan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.