Dark/Light Mode

Survei IPS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Melesat Usai Diserang di Debat ke-3, Capai 51,8 Persen

Selasa, 16 Januari 2024 16:47 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas Capres-Cawapres. Dari 3 calon, elektabilitas Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melesat berada di posisi teratas, disusul Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, lalu Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Ketika IPS mengajukan pertanyaan kepada responden, jika saat ini dilaksanakan Pilpres, siapakah yang akan dipilih dari tiga pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden yang ada saat ini. Hasilnya, sebanyak 51,8 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Prabowo-Gibran. Sedangkan Anies-Muhaimin dipilih 21,3 persen responden, sementara Ganjar-Mahfud kian terbenam dengan elektabilitas 19,2 persen. Warga yang belum bisa membuat keputusan (undecided) tinggal 7,7 persen," ujar Peneliti IPS Alfin Sugianto, saat merilis survei secara daring, Selasa (16/1).

Baca juga : Survei IPS: Kalau Tak Ada Gempa Politik, Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Dia melanjutkan, rontoknya elektabilitas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD berkorelasi dengan Debat Capres pada 7 Januari 2024.

"Pada debat saat itu, secara mengejutkan terjadi duet maut antara Anies dan Ganjar untuk menjalankan strategi serangan total. Hasilnya, duet ofensif kedua Capres itu justru menjadi bumerang. Tingkat antipati publik terhadap keduanya semakin meningkat, sementara gelombang simpati publik terhadap Prabowo semakin menguat," kata Alfin.

Baca juga : 2.222 Pengusaha Bela Bangsa Deklarasi Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Hal ini, jelas Alfin, terkonfirmasi dengan tegas bahwa elektabilitas Anies-Muhaimin cenderung stagnan dan Ganjar-Mahfud semakin terbenam di posisi juru kunci.

"Pada saat yang sama, pasangan Prabowo-Gibran yang terus dihujani serangan dan kritik malah kebanjiran simpati publik luas. Elektabilitas Prabowo-Gibran telah melewati ambang batas minimal untuk memenangkan Pilpres dalam satu putaran saja. Jika tren seperti ini terus berlanjut hingga 14 Februari 2024, dalam arti tidak ada gempa politik di Tanah Air, hampir pasti Prabowo-Gibran akan menuntaskan Pilpres 2024 hanya dalam satu putaran saja," kata Alfin.

Baca juga : Survei SPIN: Diserang Ganjar-Anies, Elektabilitas Prabowo Malah Melejit

Survei IPS ini dilakukan pada 7-14 Januari 2024 di 38 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel survei IPS ini sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error plus minus 2,8 persen, dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.