Dark/Light Mode

Anies Janjikan Bangun Stadion, Prabowo Ngantor di Kemenhan, Ganjar Nginep di Rumah Warga

Rabu, 17 Januari 2024 08:44 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat berkampanye di Papua, Selasa (16/1). (Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat berkampanye di Papua, Selasa (16/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga Capres: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, memakai strategi berbeda dalam meningkatkan elektabilitas, di hari kampanye ke-50. Anies melakukan dengan menjanjikan pembangunan stadion, Prabowo dengan menunjukkan fokus kerja, dan Ganjar dengan menginap di rumah warga.

Anies menjanjikan pembangunan stadion ini saat berkunjung ke Papua, Selasa (16/1/2024). Ada sejumlah titik yang disambangi Anies. Antara lain blusukan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Jempur, Papua Barat, dan berorasi di acara bertajuk 'Waktunya Katong Berubah', di Hotel Aston, Papua Barat.

Saat berorasi di hadapan pendukungnya, Anies berjanji bakal membangun stadion berstandar FIFA untuk mengoptimalkan potensi olahraga Bumi Cendrawasih. Menurutnya, bakat warga Papua dalam hal sepak bola perlu didukung dengan fasilitas yang mumpuni agar mereka dapat mengembangkannya.

“Mau stadion, kita akan bangun sport center berstandar FIFA dengan meningkatkan GOR Pancasila menjadi lapangan sepak bola yang representatif,” kata Anies, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Baca juga : Anies Ke Ambon, Prabowo Ngantor, Ganjar Pulkam

Anies melanjutkan, Pemerintah Pusat harus membuat kebijakan yang komprehensif dan melihat yang diperlukan masyarakat setempat. Dengan harapan, kebijakan tersebut mampu menumbuhkan bibit unggul yang berdampak pada pembangunan negara di sektor tertentu. “Kita bikin program yang masuk akal supaya bisa dirasakan masyarakat secara umum,” pungkasnya.

Sementara, Prabowo tidak bisa melakukan kampanye di hari kerja. Prabowo memilih fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan dengan ngantor di Kemenhan, Selasa (16/1/2024).

Walaupun demikian, ada sejumlah massa yang berkumpul di depan kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan. Mereka adalah Barisan Persatuan Indonesia (BPI), yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Dalam orasinya, Ketua Umum BPI Sapto Winarno menitipkan pesan kepada Prabowo-Gibran agar bisa memajukan bangsa Indonesia jika menang dalam Pilpres nantinya.

Dia berjanji bakal mengerahkan seluruh kekuatan untuk memenangkan Prabowo-Gibran. “Dengan kekuatan yang kami miliki, kami bersikap dengan jelas bahwa saatnya Pak Prabowo dan Mas Gibran memimpin negara ini, 2024-2029,” ujar Sapto.

Baca juga : Anies Hadiri Haul Kiai, Prabowo Ketemu Buruh, Ganjar Lari Pagi Penguin

Sedangkan Ganjar meneruskan kampanye di wilayah Jawa Tengah. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menginap di rumah warga. Momen tersebut terjadi ketika Ganjar beres blusukan ke wilayah Purbalingga, Senin (15/1/2024). 

Usai kampanye di kampung halaman istrinya, Siti Atiqoh, Ganjar lanjut ke Karawitan Trusto Wahyu Leluhur di Dukuh Seger, Desa Karanganyar, Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Setibanya di lokasi, seluruh warga rebutan salaman dan swafoto. 

Setelah puas melihat pusat kesenian yang pernah dibantunya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar meminta izin kepada warga untuk bermalam di desa mereka karena hari sudah malam. “Saya insya Allah mau menginap di desa ini, boleh tidak?" tanya Capres berambut putih ini. Permintaan itu pun disambut baik warga, khususnya Wartaji yang rumahnya dipilih Ganjar untuk disinggahi. 

Sebelum istirahat, Ganjar menyempatkan diri nonton bareng (nobar) pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia vs Irak. Puas berbaur dengan masyarakat, Ganjar langsung menuju rumah Wartaji. Ia pun bercerita panjang lebar sebelum tidur.

Baca juga : Dinilai Berhasil Pimpin Kemenhan, Prabowo Perkuat Industri Pertahanan Nasional

Di pagi hari, Selasa (16/1/2024), Ganjar mengunjungi Kantor DPC PDIP Kabupaten Pekalongan. Di sana Ganjar mengungkapkan alasan kerap menginap di rumah warga saat blusukan. Menurutnya, dengan tidur dan bermalam di rumah warga, bisa mendapatkan cerita dari sudut pandang berbeda. Ia pun sengaja memilih rumah masyarakat yang berasal dari keluarga kurang beruntung, agar bisa membuat kebijakan tepat sasaran.

“Ekspresi mereka adalah ekspresi minta pertolongan yang tidak ditumpahkan dengan kalimat meminta, tapi mendongeng. Maka kita harus pakai perasaan kita," kata Ganjar di hadapan kader dan relawan.

Tidak hanya di Banjarnegara, Ganjar juga mengaku mendapati hal yang sama saat tidur di rumah warga lainnya saat blusukan. “Inilah kenapa saya kemudian ingin mencari keluarga miskin untuk kita sekolahkan, tidak sekadar dikasih BLT, tetapi investasi masa depan yang memang butuh waktu, dan itu adalah pendidikan,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Rabu (17/1), dengan judul “Anies Janjikan Bangun Stadion, Prabowo Ngantor di Kemenhan, Ganjar Nginep di Rumah Warga”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.