Dark/Light Mode

Kalau Nggak Ada Gempa Politik

Prabowo-Gibran Diprediksi Bisa Menang Satu Putaran

Rabu, 17 Januari 2024 07:30 WIB
Capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)
Capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Hasil survei menyebutkan, meskipun Prabowo diprediksi menang satu putaran, jika nanti­nya berlangsung dua putaran, paslon 02 diprediksi tetap tampil sebagai pemenangnya. Hitungannya, di simulasi head to head Prabowo-Gibran versus Anies-Muhaimin, paslon 02 tetap menang telak.

Sebanyak 60,3 persen respon­den mengaku akan memilih Prabowo-Gibran dan hanya 31,7 persen yang mendukung Anies-Muhaimin, dan sisanya sebanyak 8 persen belum bisa memutuskan memilih paslon mana.

Juga ketika simulasi head to head untuk mengantisipasi kemungkinan pasangan Ganjar-Mahfud yang lolos ke putaran ke-2 menantang Prabowo-Gi­bran, ternyata hasilnya tidak jauh berbeda. Prabowo-Gibran tetap menang telak dengan 59,4 persen, sementara Ganjar-Mah­fud hanya dipilih oleh 34,2 per­sen responden dan sebanyak 6,4 persen masih belum memilih. Dengan demikian, Prabowo-Gibran tetap tak terbendung.

Baca juga : Ratusan Relawan Prabowo-Gibran Konsolidasi Menangkan Pilpres 2024 Sekali Putaran

Lalu, bagaimana jika pada putaran kedua pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud berkoalisi, mengeroyok Prabo­wo-Gibran? Di tingkat elite, wacana koalisi itu bisa saja terjadi. Tapi di level akar rumput, terbentuknya koalisi massa Anies dengan massa Ganjar hampir mustahil.

“Massa Anies dan massa Gan­jar mewakili dua spektrum ideol­ogis yang sangat sulit bersenya­wa, bahkan pada Pilpres 2019 mereka bertempur mewakili dua bendera yang berbeda, kampret dan cebong,” kelakarnya.

Berdasarkan hasil analisis IPS, jika Ganjar-Mahfud gagal tembus ke putaran kedua maka massanya cenderung menjatuh­kan pilihannya pada Prabowo-Gibran. Begitu pula jika Anies-Muhaimin yang kandas, mas­sanya yang merepresentasikan politik Islam di Indonesia itu juga lebih nyaman bergabung bersama Prabowo-Gibran.

Baca juga : Relawan AMIN Kabupaten Pati Optimistis Menang Satu Putaran

“Jadi apakah satu putaran atau dua putaran, kemenangan Prabo­wo-Gibran pada Pilpres 2024 ini nampaknya sulit terbendung.

Diketahui, survei ini digelar medio 7-14 Januari 2024 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel survei IPS kali ini sebesar 1220 respon­den, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 17/1/2024 dengan judul Kalau Nggak Ada Gempa Politik, Prabowo-Gibran Diprediksi Bisa Menang Satu Putaran  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.