Dark/Light Mode

Terpilih Jadi Presiden, Ganjar Bakal Endorse Dubes Promosikan Produk Dalam Negeri

Kamis, 18 Januari 2024 18:07 WIB
Ganjar mengunjungi pabrik sepatu dan sandal PT Dwi Prima Sentosa di Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (Foto: Ist)
Ganjar mengunjungi pabrik sepatu dan sandal PT Dwi Prima Sentosa di Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, menyampaikan bakal mendorong para duta besar Indonesia untuk mempromosikan produk brand lokal di luar negeri.

Menurut Capres berambut putih itu, upaya tersebut merupakan salah satu cara efektif untuk mengenalkan brand dalam negeri ke dunia mancanegara.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengunjungi pabrik sepatu dan sandal PT Dwi Prima Sentosa di Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Pabrik itu memproduksi alas kaki dengan brand dalam negeri.

Baca juga : Kemeriahan Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud Bersama Asandra Di Malang

"Kita minta agar duta besar itu menjadi fasilitator yang bisa bantu, sehingga beberapa negara di luar sana yang butuh produksi alas kaki seperti ini bisa kita dorong," ujar Ganjar, Kamis (18/1/2024).

Ganjar menambahkan, kegiatan ekspor produsen pabrik alas kaki perusahaan tersebut masih terbilang lancar dan aman. Namun, kondisi pasar dunia yang belum stabil menyebabkan kapasitas ekspor kurang optimal.

Berdasarkan hal itu, Ganjar mengatakan bakal mendorong kebijakan pemberian insentif dan kemudahan bisnis bagi perusahaan yang memiliki aktivitas ekonomi tinggi.

Baca juga : Dicurhati Petani Tebu Soal Impor Gula, Ganjar Komit Utamakan Produk Dalam Negeri

"Kalau kita melihat kondisi seperti ini memang perlu perhatian kepada industri yang sudah berjalan. Perlu insentif, perlu kemudahan, perlu dibantu pemasaran di luar," jelas Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengatakan, perusahaan yang menyerap banyak tenaga kerja lokal harus lebih diberikan perhatian pemerintah untuk memaksimalkan sinergi seluruh stake holder.

"Umpama kapasitas turun, dilobi dan ini perlu bantuan-bantuan yang bisa diberikan karena ini menyerap tenaga kerja yang cukup banyak," ucap Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.