Dark/Light Mode

Survei Charta Politika

Mayoritas Publik Sudah Mantap Dengan Pilihannya, Angkanya Di Atas 70 Persen

Minggu, 21 Januari 2024 18:03 WIB
Survei Charta Politika Mayoritas Publik Sudah Mantap Dengan Pilihannya, Angkanya Di Atas 70 Persen

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei terbaru Charta Politika bertajuk Elektabilitas Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Januari 2024 yang dirilis hari ini, Minggu (21/1/2024), mengungkap satu temuan fakta, bahwa sebanyak 75,7 persen responden sudah mantap dengan pilihannya saat ini. Yang masih mungkin berubah, ada di angka 20,9 persen. Sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab, hanya 3,4 persen. 

"Kalau kita lihat lagi berdasarkan pilihan pasangan - baik itu Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud - persentasenya sudah di atas angka 70. Kemantapan responden sudah cenderung tinggi," kata Ketua Peneliti Charta Politika Nahrudin dalam paparannya, Minggu (21/1/2024).

Baca juga : Prabowo-Gibran Masih Di Puncak, Tapi Tren-nya Turun

Survei teranyar Charta Politika ini menempatkan Prabowo-Gibran sebagai paslon dengan elektabilitas tertinggi. Angkanya mencapai 42,2 persen. Mengungguli Ganjar-Mahfud (28 persen) dan Anies-Muhaimin (26,7 persen).

Ada beberapa faktor yang membuat responden menjatuhkan pilihan kepada paslon tertentu. Di antaranya merakyat/perhatian pada rakyat, tegas/berwibawa, pintar/berpendidikan, jujur/bersih dari praktik KKN, paling memperjuangkan kepentingan rakyat kecil, program yang dijalankan atau dijanjikan paling meyakinkan, ramah/santun, kombinasi pemimpin berpengalaman dan anak muda, ikut pilihan keluarga, berasal dari pilihan yang saya dukung, tokoh parpol, dan kebanyakan warga setempat mendukung tokoh tersebut.

Baca juga : Survei Charta Politika: Kalau Pileg Digelar Hari Ini, Yang Menang PDIP

Survei teranyar Charta Politika ini dijalankan pada 4-11 Januari 2024, dengan melibatkan 1.220 responden yang berasal dari seluruh propinsi di Indonesia.

Survei yang menggunakan multistage random sampling ini memiliki margin of error sekitar 2,82 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.