Dark/Light Mode

Hari Kedua Kampanye Terbuka

Anies di Cikarang, Prabowo ke Jogja, Ganjar ke Lampung

Selasa, 23 Januari 2024 08:27 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat kampanye di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1). (Foto: Antara)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat kampanye di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di hari kedua kampanye terbuka, Senin (22/1/2024), masing-masing Capres menyasar lumbung-lumbung suara. Anies Baswedan ke Cikarang, Prabowo Subianto ke Yogyakarta, sedangkan Ganjar ke Lampung.

Anies datang ke di Lapangan Mini Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Para pendukungnya antusias ke lokasi. Atribut Koalisi Perubahan menghiasi arena kampanye. Bendera PKS, Partai Nasdem, PKB, dan Partai Ummat tertancap kokoh menyambut kedatangan Anies.

Anies tiba sekitar pukul 09.30 WIB. Kedatangan Anies disambut meriah ribuan pendukungnya. Anies pun sangat happy dengan hal ini. "Bekasi luar biasa, Jawa Barat luar biasa, banyak sekali yang hadir," pujinya.

Dalam orasinya, Anies menyinggung sulitnya mendapat pekerjaan belakangan ini. Sekalipun ada, harus menyiapkan pelicin. "Giliran ada lowongan pekerjaan, harus masuk pakai orang dalam. Cari kerja sulit, pas kerja harus bayar. Betul?" tanya Anies, disambut riuh peserta.

Dia lalu mengajak masyarakat yang ingin perubahan untuk memilih Anies-Muhaimin (AMIN) pada 14 Februari 2024. Kata dia, baik relawan, kader, maupun pengurus partai koalisi harus terus semangat mengajak masyarakat memilih AMIN.

Anies pun pede bisa mendulang suara besar di Jawa Barat. "80 persen Jawa Barat kita optimis jika semua ikut berjuang. Ajak tetangga depan, belakang, kanan, dan kiri," ucapnya.

Baca juga : Mardiono Sowan Ke Ponpes Tertua Di Cilacap, PPP Didoakan Sukses Pemilu 2024

Sementara, Prabowo bertolak ke Yogyakarta bersama Cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka. Masyarakat yang mendengar kabar tersebut, bergegas datang, dan menunggu pasangan calon nomor urut 2 itu di depan Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejak pukul 07.00 WIB, ribuan masyarakat telah memenuhi sekitaran Kantor Gubernur. Yel-yel dan teriakan menggema ketika Prabowo-Gibran datang sekitar pukul 11.30 WIB.

"Prabowo, Prabowo, Prabowo!" teriak warga, sembari terus mendekati Prabowo di pintu sebelah kanan. "Mas Gibran, Mas, Mas!" teriak emak-emak dan kaum muda tak mau kalah dari pintu sebelah kiri.

Prabowo dan Gibran keluar dari mobil yang sama. Melihat jagoannya dari dekat, masyarakat berebut salaman dan foto bersama.

Kedatangan Prabowo-Gibran ke Yogyakarta sekaligus bersilaturahmi dengan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, di Kantor Gubernur Yogyakarta.

"Teman-teman sekalian, sebelumnya kami berterima kasih diterima oleh 'Ngarsa Dalem' dalam keadaan baik. Kami minta waktu untuk sowan dan melaporkan minta izin masuk ke daerah ini," kata Prabowo.

Baca juga : Anies Gebrak Tangerang, Prabowo Goyang Majalengka, Ganjar Merahkan Bandung

Baginya, kegiatan ini sesuai dengan adat istiadat Indonesia. "Kan mau masuk ke rumah minta izin dulu ke orang yang lebih tua," ujar Menteri Pertahanan ini, tersenyum ke Sri Sultan.

"Pertemuan kita bersama Pak Prabowo dan Pak Gibran itu berlangsung santai, kita silaturahim, ya ngobrol-ngobrol," timpal Sri Sultan.

Ia menegaskan, perbincangannya dengan Prabowo dan Gibran tidak terkait Pilpres 2024. "Nggak ada pembicaraan politik, nggak ada obrolan macam-macam. Kita bicara secara umum, dalam arti kita bertukar pikiran saja," ungkap Sri Sultan. 

Sedangkan, Ganjar berangkat ke Lampung. Pertama, Ganjar mengunjungi Pondok Pesantren Roudlotussolihin di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Ganjar tiba di lokasi sekitar pukul 12.30 WIB.

Para santri dan warga setempat antusias menyambut kedatangan Capres nomor urut 3 tersebut. Mereka lantas bersalaman, dan meminta swafoto dengan kader PDIP itu.

KH Soleh Baijuri, Pendiri Yayasan Ponpes Roudlotussolihin, menyambut baik kedatangan Ganjar. Kunjungan Ganjar dalam rangka menggelar istighosah, berdoa untuk kemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Baca juga : Awali Kampanye Akbar Di Tangerang, Anies: Semangat Perubahan Tak Bisa Dibohongi

Dari pesantren, Ganjar melanjutkan kampanyenya di Lapangan Ekspo Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Hampir seluruh warga yang datang mengenakan baju merah, dan mayoritas ibu-ibu yang tergabung dalam Srikandi PDIP.
Antusias ribuan masyarakat juga tidak surut, kedatangan Ganjar sudah ditunggu sejak pagi pukul 08.00 WIB. Setibanya di lokasi Ganjar disambut dengan tarian khas daerah itu.

Ganjar sangat senang dengan kekompakan para ibu di Lampung yang antusias mendukungnya. "Saya menyampaikan terima kasih untuk masyarakat Lampung yang sudah menyambut cukup antusias yang memang sebagian besar ibu-ibu," ucapnya.

Ganjar optimistis, dengan kebersamaan dan kekompakan warga Lampung Selatan dan partai pengusung untuk bersama-sama memenangkan Pilpres. "Antusiasme masyarakat Lampung Selatan luar biasa, serta partai pengusung juga siap dan warga juga siap," pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (23/1), dengan judul “Hari Kedua Kampanye Terbuka: Anies di Cikarang, Prabowo ke Jogja, Ganjar ke Lampung”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.