Dark/Light Mode

Anies Healing Di Batam, Prabowo Dialog Di PGI, Ganjar Kunjungi Peternak

Sabtu, 20 Januari 2024 06:32 WIB
Dari kiri: Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Erick Thohir, serta Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Erick Thohir, serta Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketiga Capres: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, terus berupaya merebut hati rakyat. Di waktu yang tersisa sebelum pencoblosan, ketiganya makin masif melakukan kampanye.

Kemarin, Anies keliling Batam untuk kampanye sekaligus healing. Prabowo dialog di Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan hadir dalam deklarasi ojol. Sedangkan Ganjar Pranowo, mengunjungi peternak di Jawa Tengah.

Dimulai dari Anies, Capres nomor urut 01 ini mengisi kegiatan kampanye di Batam. Sebelum memulai kampanye, Anies yang ditemani istri ditemani istri, Fery Farhati Ganis menyempatkan untuk healing sebentar. Anies dan istri foto-foto di monumen Welcome To Batam.

Monumen ini sempat viral di awal tahun, karena tertutup baliho milik Paslon 02 Prabowo-Gibran. Setelah itu, Anies berkunjung Pasar Tos 3000 dan bertemu relawan di MTC, batu Besar, Nongsa, Batam.

"Anies Presiden, Anies Presiden Abah Anies Presiden," teriak para pendukung menyambut Anies.

Anies terlihat berkeliling Pasar Tos 3000, Jodoh, Batam dengan didampingi Fery Farhati. Anies menjanjikan perbaikan tata niaga dan harga kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, Anies juga menyoroti berbagai persoalan di Batam. Mulai masalah kapal laut asing yang kerap lalu lalang menjaring ikan di kawasan Natuna, hingga pembangunan Rempang Eco City di Kepulauan Riau (Kepri) sebagai proyek strategis nasional (PSN) yang menuai konflik.

Baca juga : Anies Unjuk Gigi Di DKI, Prabowo Urus Palestina, Ganjar Ubek-ubek Jatim

Berbeda dengan Anies, Prabowo mengisi kegiatan dengan hadir dalam dialog bersama PGI. Acara ini digelar di Aula Grha Oikoumene, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024).

Dalam acara ini, Prabowo mengajak seluruh elemen bangsa menjaga persatuan dan kesatuan serta tidak mudah termakan isu yang dapat memecah belah.

Dia pun menyinggung kondisi negara-negara di Eropa dan Timur Tengah yang terlibat konflik antar saudara. Termasuk kondisi keamanan di Papua Nugini yang terjadi kerusuhan, akibat pemerintahnya tidak bisa membayar gaji Polisi dan Tentara.

“Gajinya kurang, akhirnya mereka ngambek, huru-hara di mana-mana,” ungkap Prabowo.

Menteri Pertahanan ini pun mengajak masyarakat untuk bersyukur, karena kondisi keamanan dan ekonomi Indonesia terbilang cukup stabil. Mengingat, tiga tahun ke belakang sempat digempur pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi negara-negara lain terjungkal.

"Kita harus bersyukur dalam kondisi sekarang, karena kita mampu mengatasi krisis luar biasa,” ungkapnya.

Beres dari PGI, Prabowo geser ke Lapangan Banteng untuk menghadiri acara Komunitas Ojol Penggemar Erick Thohir (Ojol ET).

Baca juga : Kunjungi Blora, Prabowo Disambut Antusiasme Masyarakat Sepanjang Jalan

Di lokasi, Menteri BUMN Erick Thohir sudah menunggu kehadiran Prabowo. Keduanya, kemudian langsung naik panggung.

Pada kesempatan ini, Prabowo mengatakan para pengemudi ojek online (ojol) kerap mempertaruhkan nyawa di jalan demi sesuap nasi.

Oleh sebab itu, dia berjanji jika terpilih menjadi Presiden, akan memperbaiki kesejahteraan para driver.

“Saya berjanji akan berbuat yang terbaik untuk kesejahteraan saudara-saudara sekalian,” tegas Prabowo.

Bagaimana dengan Ganjar? Capres nomor urut 03 itu mengunjungi peternak ayam di Desa Kuwonharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah ini ikut mengumpulkan telur ayam di sebuah peternakan milik warga.

Capres yang identik dengan rambut putih ini mengaku senang karena bisa bernostalgia. Sebab saat masih kecil, keluarganya memelihara ayam petelur. "Jadi, kalau pas panen wah senang sekali," ungkap Ganjar.

Baca juga : Anies-Prabowo-Ganjar Dengarkan Kisah KPK Sulitnya Berantas Korupsi

Ganjar melanjutkan, telur adalah lauk mewah baginya sewaktu kecil, karena dia berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, suatu ketika, satu telur pernah dibagi empat agar semua anggota keluarganya kebagian.

“Akan tetapi, yang penting pada hari ini ada keluhan dari peternak adalah jagung,” jelasnya.

Di sini, Capres yang diusung PDIP, Perindo, PPP, dan Hanura mendapat keluhan dari peternak karena harga pakan yang melambung tinggi.

Para peternak berharap, Ganjar mampu menjaga harga pakan, khususnya jagung. Menjawab keluhan tersebut, Ganjar mengatakan, pemerintah pasti punya cara yang bagus untuk segera menurunkan harga jagung.

Salah satunya memberikan alokasi khusus untuk memfasilitasi para peternak ayam, agar dapat memproduksi pakan ternak sendiri. Namun, itu butuh komitmen seorang pemimpin.

“Padahal mereka dengan dikasih jagung saja, sudah punya kemampuan untuk bisa membuat pakan ternak ayamnya sendiri. Itu hanya butuh jagung, katul, konsentrat dan dia bisa membuat sendiri,” papar Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.