Dark/Light Mode

Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak 17 Ribu Pemilih Pemula Sumsel Gunakan Hak Pilih

Selasa, 23 Januari 2024 20:46 WIB
Kegiatan Pendidikan Politik Pemilih Pemula bagi Pelajar SMA  se-Sumsel, di Gedung Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (18/1). (Foto: Istimewa)
Kegiatan Pendidikan Politik Pemilih Pemula bagi Pelajar SMA se-Sumsel, di Gedung Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (18/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak 17 ribu lebih pemilih pemula, khususnya siswa-siswi kelas XII SMA se-Sumsel untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu dan Pilkada 2024. Hal ini diungkapkan dalam kegiatan ‘Pendidikan Politik Pemilih Pemula bagi Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Sumsel, di Gedung Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (18/1).

"Pesan saya gunakan hak pilih sebaik-baiknya karena kesan pertama kita memilih itulah yang tidak akan kita lupakan. Oleh karena itu, gunakan kesempatan pertama ini dengan sebaik-baiknya," kata Fatoni, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (23/1).

Fatoni menegaskan, peran generasi muda sangat penting dalam memilih pemimpin untuk masa depan bangsa, negara, dan daerah. Mengingat siswa-siswi kelas XII di Sumsel memiliki jumlah yang cukup besar yaitu 18,84 persen dari total pemilih di Sumsel.

Baca juga : Pj Gubernur Ajak 17 Ribu Pemuda Sumsel Tidak Golput

"Pemilih di Sumsel ini 18,84 persen atau sebanyak 1.192.024 merupakan generasi Z atau pemilih pemula. Oleh karena itu, adik-adik kalian sangat berperan dalam menentukan keberlangsungan bangsa kita satu suara dari kalian sangat berarti," ujarnya.

Fatoni juga mengingatkan para pemilih agar tidak golput dan terprovokasi terhadap berita bohong alias hoaks yang akan menimbulkan konflik di masyarakat.

"Pada pemilihan pertama ini nanti kalian akan memilih Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan di akhir tahun nanti ada pemilihan kepala daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Untuk itu saya berharap adik-adik sekalian tidak memilih golput, hindari politik uang, jangan terpengaruh pada berita hoaks dan ikut menyebarkannya," jelas Fatoni.

Baca juga : Ingat Ya, Utamakan Caleg Putra Daerah

Kemudian, Fatoni menegaskan untuk menjaga kondusivitas daerah selama tahun politik berlangsung. Dia juga berharap agar siswa-siswa SLTA dapat menjaga status zero conflict di Sumsel.

"Kita harus bisa menjadi contoh daerah yang menyukseskan Pemilu, Pilkada dengan damai dan sukses komitmen ini kita harus jaga bersama jaga kondusivitas di Sumsel ini kita pertahankan zero conflict," ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Sumsel Alfajri Zabidi menyebut. kegiatan ini menjadi salah satu upaya menyukseskan Pemilu dan Pilkada di Sumsel. "Kegiatan kita hari ini kita laksanakan dengan menindaklanjuti program prioritas Penjabat Gubernur Sumsel yang ingin pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 di Sumsel berlangsung sukses dan damai," kata Alfajri.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Minta Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan, Plt Sekretaris KPU Sumsel Eko Iswantoro, Dir Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel Syafitri Irwan, Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumsel Prof Aflatun Muchtar, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumsel Mal'an Abdullah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.